Terlibat Penculikan Pengusaha di Aceh Utara, Polisi Tangkap Dua Anggota KKB Tentara Aceh Merdeka

Keduanya diduga melakukan penculikan menggunakan senpi di Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe Rabu pekan lalu.
Foto. Istimewa

ACEHSATU.COM | ACEH UTARA – Tim gabungan Unit V Resmob Sat Reskrim Polres Lhokseumawe dan Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Aceh dikabarkan sudah menangkap dua tersangka dari anggota Kelokmpok Kriminal Bersenjata (KKB) Tentara Aceh Merdeka (TAM) di bawah pimpinan Mukhtaruddin bin Saidi alias Siwah pada Selasa (15/9/2020).

Keduanya diduga melakukan penculikan menggunakan senpi di  Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe Rabu pekan lalu.

Informasi penangkapan dua anggota KKB TAM ini beredar di media sosial WhatspApp dalam bentuk laporan polisi.

Kedua tersangka masing-masing Ismiadi alias Is Bin Idris (28) berasal dari Desa Tijin Kecamatan Ulim Pidie Jaya dan Amril Usman alias Ayah Rin bin Usman (40) berasal dari Desa Bale Panas Kecamatan Juli, Bireuen.

Polisi berhasil mengamnakan sejumlah barang bukti meliputi satu unit mobil Toyota Avanza warna putih Nopol BK 1663 UM, satu unit handphone merk Samsung, satu unit handphone merk Vivo, satu unit mobil toyota avanza warna hitam nopol BL 1363 ZJ, satu pucuk senjata api laras panjang jenis AK56, satu pucuk senjata api laras pendek jenis SIG SAUER,  lima butir amunisi senpi SIG SAUER, 24 butir amunisi Senpi AK.

Kronologi kejadian berawal dari pelapor awalnya tidak mengetahui bahwa korban telah dibawa/diculik oleh orang tidak dikenal.

Mobil Korban yang Ditemukan Polisi. (Foto. Istimewa)

Kemudian pelapor mengecek CCTV rumah pelapor dan mendapati bahwa suami pelapor beserta mobil yang dikendarainya telah dibawa oleh orang tidak dikenal sebanyak tiga pelaku, dan kemudian pelapor membuat laporan polisi ke Polres Lhokseumawe.

Selanjutnya, pada Selasa 15 September 2020, tim gabungan dari unit V Resmob Sat Reskrim Polres Lhokseumawe dan Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Aceh melakukan pengembangan terhadap kasus penculikan tersebut.

Tim gabungan melakukan penangkapan terhadap tersangka  Amril alias Ayah Rin di rumahnya di Desa Bale Panas, Juli Bireuen.

Lalu tim melakukan pengembangan dan pada Rabu, 16 September 2020 pukul 05.00 WIB tim berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka Ismiadi alias Is di depan Bank Aceh di Bieruen.

Tersangka ismiadi baru kembali mengantar korban peculikan ke rumah korban bersama dengan pelaku atas nama Kopasus.

Setelah mengantar korban dari Banda Aceh menggunakan mobil l300 lalu tersangka Ismiadi dan tersangka Kopasus berangkat ke Lhoksukon dengan menaiki Bus Sempati selanjutnya tersangka ismiadi akan pulang ke Pidi Jaya.

Namun di depan Bank Aceh Bireun pelaku ditangkap.

Selanjutnya tim melakukan pengembangan terhadap tersangka Amril alias Ayah Rin terhadap barang bukti senjata api dan tim berhasil menemukan  sejumlah senjata api dan selanjutnya barang bukti dibawa ke Polres lhokseumawe.  (*)