Terkait Rekomendasi PJ Bupati Aceh Tamiang, Pimpinan DPRK Paling Lambat 14 November Terima Usulan Fraksi  

"Empat fraksi di DPRK dalam minggu ini akan menggelar rapat dan paling lambat pada 14 November usulan nama PJ Bupati Aceh Tamiang disusulkan ke pemimpinan dewan" Wakil Ketua DPRK, Muhammad Nur
DPRK Aceh Tamiang
Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto. acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Pimpinan DPRK Aceh Tamiang paling lambat 14 November sudah menerima usulan nama penjabat Bupati Aceh Tamiang dari fraksi-fraksi yang ada di DPRK Aceh Tamiang.

Sementara fraksi di DPRK akan rapat membahas usulan nama penjabat Bupati Aceh Tamiang dalam minggu ini, karena, Senin 14 November sudah diterima pimpinan dewan.

Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto kepada acehsatu.com, Jumat (11/11/2022) mengatakan, pihkanya akan mengusulkan rekomendasi nama PJ Bupati Aceh Tamiang ke Mendagri paling lambat pada 18 November mendatang.

Terkait selentingan nama-nama PJ Bupati Aceh Tamiang yang akan diusulkan, Ketua DPRK Aceh Tamiang mengaku belum mengetahuinya.

Baca : Menyusul Berakhirnya Masa Jabatan Bupati, DPRK Aceh Jaya Usul 3 Nama Calon Pj

“Hanya dari Fraksi Amanat Persatuan dan Keadilan yang selentingan kita dengar sudah menyebutkan usulan nama PJ Bupati Aceh Tamiang, namun pastinya jika usulan fraksi sudah kita terima,” ujar Ketua DPRK Supriyanto.

Sementara Fraksi Gerindar dibawah pimpinan dirinya, lanjut Suprianto menunggu nama dari  Pengurus DPD Gerindra Aceh.

Senada dengan Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur, empat fraksi di DPRK dalam minggu ini akan menggelar rapat dan paling lambat pada 14 November usulan nama PJ Bupati Aceh Tamiang disusulkan ke pemimpinan dewan.

Terkait nama-nama Pj Bupati Aceh Tamiang, Muhammad Nur mengaku belum mengetahuinya karena masih di “simpan” di fraksi.

Baca : Ini Tiga Nama Calon Pj Bupati Yang Diusulkan DPRK Aceh Timur

“Kalau sudah diputuskan fraksi baru kita ketahui namanya, sekarang masih belum tahu,” ujar M Nur.

dprk aceh tamiang
Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur. acehsatu.com/ist

Sebagimana kita ketahui DPRK Aceh Tamiang mempunyai empat fraksi yakni, Fraksi Gerindra terdiri dari tujuh anggota dewan Partai Gerindra dan satu orang dari PDI Perjuangan. Fraksi Partai Aceh (PA) terdiri dari empat anggota dewan PA.

Selanjutnya, Fraksi Tamiang Sepakat terdiri dari 11 anggota dewan, fraksi ini merupakan gabungan dari anggota dewan dari Partai Demokrat sebanyak tiga anggota dewan, PNA tiga anggota dewan, Golkar dua anggota dewan, Partai Nasdem dua anggota dewan dan Partai PBB satu anggota dewan.

Dan yang terakhir Fraksi Amanat Persatuan dan Keadilan terdiri dari delapan anggota dewan yakni PKS tiga anggota dewan, PPP tiga anggota dewan dan PAN dua anggota dewan.

Surat Mendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, secara resmi meminta Ketua DPRK Aceh Tamiang menyampaikan usulan tiga  nama calon Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang. Permintaan tersebut sehubungan Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin akan berakhir masa jabatan pada tanggal 28 Desember 2022.

Baca : Ini Nama Calon Pj Bupati Aceh Timur Yang Akan Dilantik Oleh Pj Gubernur Aceh

Surat Mendagri tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri, Dr H Suhajar Diantoro, MSi pada 31 Oktober 2022.

Dijelaskan, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati/walikota yang berakhir masa jabatan pada tahun 2022, diangkat Penjabat (Pj) Bupati/Walikota yang berasal dari Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

Untuk itu, DPRK Aceh Tamiang melalui Ketua DPRK Aceh Tamiang dapat menyampaikan usulan tiga nama calon Pj Bupati Aceh Tamiang yang menjadi bahan pertimbangan bagi Mendagri untuk menetapkan Pj Bupati Aceh Tamiang.

Usulan nama calon Pj Bupati Aceh Tamiang disampaikan paling lambat pada 18 November 2022 kepada Mendagri RI (*)