Terjadi Lonjakan Kasus, Aceh Tamiang Zona Merah Covid-19

"Cepatnya penyebaran covid-19 di Aceh Tamiang seminggu terakhir, karena warga sudah kendor dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes)" Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis
tamiang zona merah
Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis. acehsatu.com/dok

Terjadi Lonjakan Kasus, Aceh Tamiang Zona Merah Covid-19

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG –Seminggu terakhir, kasus warga yang terpapar covid-19 di Aceh Tamiang mengalami lonjakan drastis, akibatnya Satgas Covid-19 Nasional menetapkan Kabupaten Aceh Tamiang masuk dalam zona resiko merah covid-19.

Satatus penanganan covid-19 Aceh Tamiang ini menurun karena sebelumnya berstatus Zona Orange Covid-`19. Untuk itu, warga diminta agar mengetatkan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis kepada acehsatu.com, Rabu (28/4/2021) membenarkan peningkatan status kabupaten ujung timur Aceh ini dari zona orange berubah menjadi Zona merah Covid-19.

Dijelaskan, dalam beberapa hari terakhir temuan kasus warga yang terinfeksi virus asal Wuhan Cina ini melonjak drastis di tamiang karena petugas kesehatan giat melakukan tracking warga sampai ke kampong kampong.

Hasil tracking yang dilakukan petugas kesehatan selama ramadhan, hanya hitungan hari ditemukan  hampir 50 kasus warga yang positif Covid-19. “Tracking hari pertama  12 kasus, hari kedua 12 kasus dan hari ketiga 25 kasus covid-19,” ujar Azis.

Lanjut Kadis, disatu sisi tracking yang dilakukan petugas kesehatan bagus, sehingga sejak dini diketahu tingkat penyabaran virus ini dan cepat diantisipasi namun disisi lain zona aceh Tamiang meningkat menjadi merah ,” tambah Kadis

Balurkan Air Liur Jenazah Covid
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien Corona. (Edi Wahyono/detikcom)

Azis memperkirakan, cepatnya penyebaran covid-19 di Aceh Tamiang seminggu terakhir, karena warga sudah kendor dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes). Penerapan 3M seperti memakai masker dirasakan mulai kurang diterapkan warga, terlebih di bulan suci ramadhan sebagian besar jamaah salat berjamaah tidak menggunakan masker.

Selain itu, kabupaten ini berdekatan dengan Kota Medan,  Sumatera Utara sehingga banyak warga Aceh Tamiang di akhir Peukan, terlebih dibulan puasa ini, mereka berlibur sekaligus berbelanja kebutuhan Idul Fitri ke Kota Medan yang berjarak sekita 3 jam dari Aceh Tamiang.

Baca :Zona Merah Covid-19, Aceh Tamiang Terapkan Larangan Hajatan Pesta

Baca :15 Dokter dan 2 Perawat RSUD Tamiang Positif Corona

Kabupaten Aceh Tamiang satu – satunya kabupaten di Aceh yang berstatus zona merah Covid-19 padahal sebelumnya di Aceh, terdapat 17 Kabupaten yang berstatus Zona Kuning dan enam Kabupaten/Kota berstatus Zona Orange.

Namun saat ini, peta resiko Covid-19 Provinsi Aceh telah bergerak ke arah yang sangat tidak diinginkan, terdapat satu kabupaten berstatus zona merah yaitu Aceh Tamiang, sedangkan 14 Kabupaten/Kota zona orange dan  delapan Kabupaten zona kuning.

Pemkab Aceh Tamiang menghimbau warga agar memperketat penerapan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. (*)