Foto

Tayangan `Blur` Putri Indonesia 2016, Apa Kata KPI

664xauto-kpi-bantah-soal-pengebluran-program-di-televisi-160225f

Heboh tayangan blur ajang kecantikan Putri Indonesia ini pun sampai ke KPI /Dok.dream.co.id

ACEHSATU.com, JAKARTA – Jagat media sosial sempat diramaikan dengan ajang pemilihan Putri Indonesia 2016. Netizen mempertanyakan tayangan siaran ualng ajang kontes kecantikan yang menyamarkan (blur) beberapa bagian tubuh finalis Puteri Indonesia.

Tudingan mengaburkan penampilan para finalis Putri Indonesia pun melayang kepada lembaga pengawas penyiaran di Tanah Air, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Enggak ngerti deh sama KPI. Jadi perempuan berkebaya begitu diminta untuk diblur. Mungkin nanti ke depannya semua badannya blur cuma muka saja yang terlihat,” kata akun Canca, Kamis 25 Febuari 2016.

Heboh tayangan blur ajang kecantikan Putri Indonesia ini pun sampai ke KPI. Tak mau jadi korban tudingan, KPI angkat bicara.

“KPI Pusat menegaskan tidak mengeluarkan kebijakan atau permintaan kepada lembaga penyiaran (stasiun televisi) melakukan pengebluran terhadap program animasi, kartun dan siaran Putri Indonesia,” jelasnya seperti tertulis di situs kpi.go.

KPI menegaskan institusinya selama ini hanya berpatokan pada kebijakan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.“Aturan yang terdapat di P3SPS KPI sudah sangat jelas menyatakan apa yang boleh dan tidak boleh ditayangkan lembaga penyiaran seperti larangan penayangan adegan kekerasan dan pornografi,” tambah KPI.

Lebih jauh, KPI membantah jika peraturan tersebut dibuat untuk membatasi kreativitas insan penyiaran. Lembaga penyiaran hanya diminta memperhatikan setiap program acaranya dengan cara pandang atau estetika yang memang layak dan pantas ditayangkan untuk publik.

Dalam situs itu juga, KPI mempersilakan media untuk mengklarifikasi perihal keputusan menyamarkan beberapa bagian tubuh finalis Putri Indonesia kepada stasiun televisi terkait. “Sehingga informasi yang disampaikan berimbang dan komprehensif,” tulisnya lagi. [dream.co.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top