Tampilan Fitur Baru Active Yaw Control pada New Xpander Cross

fitur AYC dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan saat bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin
Mengenal fitur AYC di New Xpander Cross
Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura berfoto di samping mobil Mitsubishi "New Xpander Cross" yang baru diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022

ACEHSATU.COM | Jakarta – New Xpander Cross yang dilengkapi beberapa fitur terbaru diperkenalkan oleh salah satu Dealer resmi Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Salah satu dari fitur terbaru tersebut adalah Active Yaw Control (AYC).

dalam siaran resmi MMKSI pada pekan lalu menjelaskan bahwa fitur AYC dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan saat bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Fitur yang pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo itu beroperasi bersama dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Duta merek Mitsubishi Indonesia dan pereli nasional Rifat Sungkar menjelaskan secara teknis bahwa AYC merupakan fitur lanjutan dari ABS dan ASC.

“AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak slip, putaran mesin dikurangi tapi ketika mobil sudah di jalurnya, mobil pasti akan lebih kencang, untuk itulah AYC bekerja,” kata Rifat.

Rifat juga menjelaskan terdapat empat variabel yang menentukan kinerja AYC antara lain wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem.

“Empat hal itu bekerja bareng. Ini advanced sekali, ketika ASC mobil bekerja, pasti kecepatan mobil akan lebih pelan karena sistem memerlukan waktu untuk berpikir sesuai grip mobil saat itu,” jelas Rifat.

“Namun untuk mobil yang menggunakan AYC, maka kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, sehingga dapat mempertahankan momentum sesuai kondisi jalan,” jelas suami selebritas Sissy Prescillia itu.

Director of Product Strategy Division PT MMKSI Hikaru Mii mengatakan bahwa hal yang paling diunggulkan dari fitur AYC adalah keamanan pengguna mobil saat mengemudikan New Xpander Cross.

“Keamanan adalah poin yang diharapkan dari fitur ini, yakni keamanan untuk setiap kondisi jalan,” kata Mii.

Sebelumnya, MMKSI memperkenalkan New Xpander Cross pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, dengan pembaruan pada bagian T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding.

Terdapat penambahan fitur di antaranya wireless charger, 8inch LCD Meter Cluster, New Steering Wheel Design, serta Micron Air Filtration. New Xpander Cross tipe CVT Premium Package dijual Rp335.750.000 dan varian MT seharga Rp309.950.000.