Tamiang Vaksin Serentak Manula dan Perangkat Desa Selama Lima Hari

“Ini program Polri bekerja dengan pemerintah daerah khususnya Dinas kesehatan dalam upaya memutus mata rantai Covid-19,” Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis SKM.
Vaksin
Dins Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang melakukan vaksinasi serentak untuk manula dan perangkat desa serta kader kampung di seluruh Pukesmas di 12 Kecamatan. Kamis (3/6/2021) acehsatu.com/muhammad Nasir

Tamiang Vaksin Serentak Manula dan Perangkat Desa Selama Lima Hari

ACEHSATU.COM [ KARANG BARU – Dinas Kesehatan Aceh Tamiang bekerjasama dengan Polres Aceh Tamiang melakukan vaksin untuk 3000 manula, perangkat desa dan sejumlah kader kampung yang ada  di Aceh Tamiang dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kamis (3/6/2021)

“Ini program Polri bekerja dengan pemerintah daerah khususnya Dinas kesehatan dalam upaya memutus mata rantai Covid-19,” ujar Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis SKM kepada acehsatu.com, Kamis (3/6/2021)

Kegiatan vaksin ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 3-7 Juni 2021.

Untuk mensukseskan vaksinasi ini, pihaknya menyediakan 5700 vaksin dengan target warga manula dan perangkat desa dan kader desa yang divaksin dilakukan di 15 Puskesmas yang ada di 12 kecamatan di Aceh Tamiang dengan target jumlah yang divaksin sebanyak 3000 orang.

Sebelumnya juga kita sudah melakukan vaksin untuk tenaga kesehatan sebanyak 3700 vaksin.

“Vaksin ini tambah Ibnu Azis sangat penting dalam meningkatkan imun tubuh melawan virus corona dan sampai saat ini tidak ada kendala dalam program vaksinasi ini,” ujarnya  dan menambahkan, sebulan terakhir di Aceh Tamiang warga yang terpapar Covid-19 yang meninggal sebanyak 20 orang.

Sementara Kepala Puskesmas Karang Baru, dr Irwansyah mengatakan vaksinasi yang dilakukan hari ini dijadwalkan untuk tiga kampung di Kecamatan Karang Baru yakni Kampung Dalam, Air Tenang dan Kampung Tanjung Karang.

Ditambahkan Kapolsek Karang Baru, AKP Yozana Fahri Sidiq untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi massal diwilayah Karang Baru,  juga dilibatkan nsur TNI/Polri khususnya bhabinkamtibmas dan babinsa yang ada di masing-masing desa untuk mengajak dan meyakinkan warga tentang pentingnya vaksinasi dalam mencegah penyebaran Covid 19.

Ini manfaat vaksin Corona yang perlu diketahui.

Seoarang warga Aceh Tamiang sedang disuntikan vaksin Covid-19 pada kegaiatan vaksinasi serentak di Aceh Tamiang. Kamis (3/6/2021) Acehsatu.com/Muhammad Nasir

1. Mencegah gejala COVID-19 berat

Vaksinasi Corona memang tak menjamin terbebas dari COVID-19 100 persen, terlebih efikasi vaksin Corona beragam, mulai 60 hingga 95 persen. Namun, orang yang sudah divaksinasi Corona terhindar dari risiko gejala COVID-19 berat hingga fatal. Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan RS sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen.

2. Herd immunity

Tujuan lain divaksinasi Corona mencapai herd immunity. Dibutuhkan cakupan vaksinasi yang tinggi jika ingin segera mencapai herd immunity. Sebagian besar ahli yakin, butuh 70 persen dari populasi divaksinasi, demi mencapai kekebalan kelompok tersebut.

“Kekebalan kelompok inilah yang menyebabkan proteksi silang, di mana orang tetap sehat meskipun tidak divaksinasi, karena orang lain di tempat tinggalnya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

3. Melindungi orang sekitar yang berisiko tinggi Corona

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Amerika Serikat (CDC) menegaskan vaksinasi Corona bisa melindungi orang di sekitar yang berisiko fatal karena Corona. Adalah lansia, orang dengan penyakit penyerta, hingga ibu hamil. Divaksinasi Corona bisa membantu melindungi orang sekitar yang berisiko mengalami gejala COVID-19 berat.

4. Bisa mencegah COVID-19 terus bereplikasi

Dikutip dari Mayo Clinic, divaksinasi Corona mencegah kemungkinan COVID-19 terus menyebar dan bereplikasi. Mutasi Corona baru yang terus muncul dikhawatirkan menjadi lebih ‘kebal’ pada vaksin Corona (*)