Tak Ada Anggaran, Pemko Lhokseumawe Lepaskan Pegawai Harian Lepas

Pemerintah Kota Lhokseumawe tidak lagi mengontrak pegawai harian lepas karena tidak ada anggaran membayar gaji mereka pada tahun anggaran 2022.
Pemerintah Kota Lhokseumawe
Ilustrasi. Foto Tirto

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe tidak lagi mengontrak pegawai harian lepas karena tidak ada anggaran membayar gaji mereka pada tahun anggaran 2022.

“Tahun anggaran 2022 , pemkot tidak menganggarkan anggaran untuk honorarium tenaga honor grade C, mengingat kemampuan keuangan daerah yang tidak mampu lagi menggajikan mereka,” kata Kepala Bagian Kehumasan dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe Marzuki di Lhokseumawe, mengutip ANTARA, Jumat kemarin.

Marzuki menyebutkan hal tersebut karena jumlah dana alokasi umum (DAU) yang dikirim pemerintah pusat untuk Pemkot Lhokseumawe semakin berkurang setiap tahunnya.

Pemerintah Kota Lhokseumawe
Ilustrasi. Foto Tirto

“Ada 2.753 tenaga honor kategori grade C yang tidak dianggarkan gaji mereka mulai tahun anggaran 2022,” katanya.

Marzuki menambahkan, setiap kepala organisasi perangkat daerah (ODP) diharapkan tidak memperpanjang kontrak mereka. Selama ini, mereka menerima honor atau gaji Rp300 ribu per bulan.

“Anggaran honorarium tenaga kontrak tersebut mencapai Rp9,9 miliar setiap tahun. Kami mengharapkan tenaga honorer dapat mencari peluang kerja di tempat lain demi masa depan yang lebih baik lagi,” kata Marzuki. (*)