Tahun 2022 Aceh Tamiang Fokus Pemulihan Ekonomi

"Memasuki dinamika pembangunan yang cukup komplek sebagai dampak dari pandemi, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Aceh Tamiang dalam mendongkrak pembangunan ekonomi, SDM dan kesehatan yang optimal. Untuk itu, sangat diperlukan konsep yang lebih terarah dari berbagai sektor," Bupati Aceh Tamiang Mursil
Tamiang fokus ekonomi
Pemkab Aceh Tamiang tahun 2021 fokus pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

Tahun 2022 Aceh Tamiang Fokus Pemulihan Ekonomi

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Pemkab Aceh Tamiang tahun 2021 mulai fokus pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19, selain itu juga fokus pemulihan kesehatan dan peningkatan sumberdaya manusia.

Ketiga fokus pembangunan itu terungkap dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Aceh Tamiang tahun 2022 yang digelar Bappeda di aula Setdakab Aceh Tamiang. Selasa (30/3/2021)  

Musrenbang yang dibuka langsung, Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi, Penguatan SDM dan Optimalisasi Layanan Kesehatan”,

Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengatakan, Musrenbang ini merupakan momentum yang penting karena memasuki tahun akhir dari RPJM. Oleh karena itu perlu memperhatikan dan meningkatkan pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan Visi Aceh Tamiang yaitu berdaya saing dan islami,” ucap Mursil.

Lanjut Bupati, kondisi saat ini, memasuki dinamika pembangunan yang cukup komplek sebagai dampak dari pandemi, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Aceh Tamiang dalam mendongkrak pembangunan ekonomi, SDM dan kesehatan yang optimal. Untuk itu, sangat diperlukan konsep yang lebih terarah dari berbagai sektor.

“Musrenbang ini juga merupakan rangkaian strategi untuk berdiskusi baik bagi Pemerintah, pemangku kepentingan dalam mengakomodir usulan-usulan dari bawah. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya juga bahwa Musrenbang kali ini Pemkab Aceh Tamiang telah menggunakan sistem informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” terangnya.

Sementara itu, tema yang diusung dalam Musrenbang ini jelas berorientasi dalam upaya meningkatkan SDM yang berkualitas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan dan lainnya.

Mursil mengingatkan, suksesnya skill development center (SDC) di Aceh Tamiang, Ia juga meminta dukungan dari semua pihak dan juga Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan pelatihan tenaga kerja, mengingat banyak pengangguran yang tidak punya keahlian. Maka dari itu Ia berharap agar balai-balai pelatihan diperkuat di Aceh Tamiang.

Disamping itu, Ia juga menjabarkan segala pencapaian Kabupaten Aceh Tamiang yang telah diraih. Namun Ia berpesan, jangan cepat berpuas diri tetap selalu tingkatkan kinerja dan program untuk pembangunan.

Sebelumnya Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Drs. Rianto Waris dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari Musrenbang kecamatan. Saat ini penyusunan RPKD telah mengunakan SIPD dari mulai dari rancangan tahapan awal sampai penetapan RKPD mulai tingkat Kampung, Kecamatan dan Kabupaten.

Tamiang gelar Muresbang, selasa (30/3/2021)

Adapun segala rancangan yang akan dilaksanakan harus diselaraskan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Berdasarkan data BPS sejak tahun 2018 sampai 2021 target pencapaian makro ada kemajuan positif.

Selanjutnya, Ia juga mengatakan maksud dari kegiatan ini ialah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam menentukan program kegiatan antara Pemerintah Daerah dengan pemangku kepentingan. Selain itu juga salah satu tujuan kegiatan ini ialah untuk menyepakati perioritas pembangunan daerah.

Kemudian dilanjutkan pemaparan kKepala Bappeda Aceh yang diwakili DR. Ir. Ema Alemina selaku Kabid Litbang Bappeda Aceh. Dalam kesempatan tersebut ia memaparkan terkait arah kebijakan pembangunan Aceh tahun 2022, tema RKP nasional tahun 2022 ialah pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

Baca :DPRK Batu Bara Konsultasi Pengelolaan Barang ke Aceh Tamiang

Baca:Aceh Tamiang Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Sementara itu, ada 4 program prioritas Aceh salah satunya ialah peningkatan usaha kecil, pengembangan ekonomi kreatif dan meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Hhadir dalam kegiatan tersebut ialah Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST, para Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, pimpinan DPRK Aceh Tamiang beserta Anggota, Anggota DPRA Nova Zahara, Anggota DPR RI, DPD RI Aceh Tamiang, Kepala Bappeda Kota Langsa, Aceh Timur dan Langkat melalui Zoom Meeting, Kepala BNN, BPS, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Pimpinan BUMN, BUMD dan unsur perbankan, dan undangan lainnya. (*)