Tahukah Kamu Bumi Adalah Planet Ajaib? Berikut Bukti-buktinya

Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem Tata Surya yang memiliki sejumlah keistimewaan.
Bukti Keajaiban Planet Bumi

ACEHSATU.COM | Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem Tata Surya yang memiliki sejumlah keistimewaan.

Memiliki diameter 12.742 kilometer dengan 70% permukaannya ditutupi oleh air, atmosfer Bumi juga memiliki ketebalan yang tepat untuk menjaga planet tetap hangat sehingga makhluk hidup seperti kita bisa terus tinggal dan bertahan.

Sehingga wajar jika Planet Bumi disebut istimewa dan ternyata juga Tata Surya kita. Walau sudah hampir 5.000 exoplanet ditemukan, sebutan untuk planet di luar Tata Surya, belum ada yang benar-benar mirip dengan Bumi.

“Salah satu hal teraneh di kosmos mungkin adalah kita. Di antara ribuan planet yang mengorbit bintang lain, tak ada yang seperti planet kita. Banyak yang ukurannya sama, tapi juga mengorbit bintang seperti Matahari? Sejauh ini hanya kita,” tulis detikINET dikutip dari SciTech Daily, Selasa (4/1/2021).

Teleskop super canggih yang dioperasikan NASA ataupun lembaga antariksa lain belum menemukan planet seperti Bumi. Teleskop James Webb yang baru saja diterbangkan memang jauh lebih canggih, tapi mungkin juga kesulitan menjumpainya.

Matahari adalah bintang yang kategorinya kurcaci kuning, tipe bintang langka yang ukurannya kecil serta stabil. Umurnya pun sangat panjang, diprediksi baru 5 miliar tahun lagi tamat riwayatnya.

Bumi sendiri berumur sekitar 4,5 miliar tahun dan kehidupan baru muncul setengah miliar tahun belakangan. Tanpa bintang yang berumur panjang, tidak ada kehidupan di Bumi ini.

Tata Surya di mana Bumi berada juga istimewa atau tidak biasa, misalnya dari susunan planetnya. Ada Jupiter, planet gas raksasa ini memiliki gravitasi intens yang dapat menangkap komet atau asteroid berbahaya. Itu salah satu sebabnya, asteroid besar menabrak Bumi merupakan kejadian yang sangat langka.

Apakah hal itu karena memang tidak ada planet dan Tata Surya lain yang serupa atau belum terdeteksi, masih belum dapat disimpulkan saat ini. Ilmuwan masih menebak-nebak atau menunggu generasi teleskop selanjutnya yang lebih mumpuni lagi.

“Sistem planet yang telah kami temukan tidak seperti Tata Surya kita. Apakah itu karena Tata Surya kita yang berbeda? Kami belum mengetahuinya,” sebut NASA. (*)