oleh

Susah Belajar Bahasa Asing? Simak Cara Berikut Ini

-Edukasi, Kolom, Komunitas-86 views

Oleh Rotasya

ACEHSATU.COM – Komunikasi sangatlah penting bagi setiap manusia dalam menyampaikan pesan dan informasi. Setiap negara dan daerah memiliki bahasa yang berbeda dalam menyampaikan pesan.

Seperti di Indonesia yang menggunakan bahasa nasionalnya, tetapi setiap daerah memiliki bahasa nya masing masing. Dan begitu pula dengan negara lainnya.

Sudah hampir seluruh negara menggunakan bahasa Inggris jika bertemu dengan turis atau orang yang berasal dari negara lain. Bahasa Inggris sendiri sudah menjadi bahasa Internasional.

Setiap orang ingin bisa menguasai bahasa internasional tersebut, tak terkecuali di Indonsesia sendiri. Banyak nya turis dan wisatawan yang datang membuat para penduduk lokal mempelajari bahasa Inggris tersebut.

Buku

Disini penulis ingin memberikan cara agar kamu dapat menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan mudah dan cepat, yaitu:

1. Kamus

Jika di zaman dahulu kamus sangatlah berharga bagi yang ingin memperlajari bahasa asing, di zaman milenial ini kamus sudah bisa kita download di smartphone. Tidak seperti zaman dahulu, kamu harus membawa kamus kemana mana. Zaman sekarang cukup dalam samrtphone mu, kamu dapat mengakses berbagai bahasa asing.

2. Hafalkan kosa kata

Hafalkan beberapa kosa kata bahasa asing yang ingin kamu pelajari. Gunakan dalam kehidupan sehari hari agar terbiasa. Walaupun penyusunan kata nya belum tepat, tetapi gunakan saja kosa katanya. Agar kamu terbiasa dan ingat dengan bahasa tersebut. Dimulai dari kosa kata, kita bisa mempelajari bahasa asing.

3. Sering membaca

Seringlah membaca buku buku bahasa asing yang ingin kamu pelajari, agar lidah kamu terbiasa dengan bahasa tersebut agar kamu lebih memahami arti dari bahasa tersebut dan mulai dari membaca kamu bisa mudah dalam mempelajari bahasa asing.

4. Nonton

Di zaman milenial ini, menonton bukanlah sebuah hal susah, karena dimana pun kita berada sekarang bisa menonton. Seringlah menonton film yang menggunakan bahasa asing, agar kalian terbiasa mendengar dan lebih cepat mengerti apa yang diucapkan di film tersebut. Dengan kalian sering menonton, maka kalian akan cepat dalam memahaminya.

5. Dengar musik

Kalau mendengarkan musik bahasa asing, dapat membuat kamu meningkatkan kemampuan mendengar dan memperbanyak kosa kata. Coba tes dengerin laku dan tulis liriknya lalu cari arti dari lagi asing tersebut.

6. Menulis

Selain kamu bisa berbicara bahasa asing, kamu juga harus bisa menulisnya agar pada saat benar benar membaca bahasa asing, kamu benar benar tau seperti kamu membaca bahasa kamu sendiri. Mulailah dengan menulias per kosa kata dan menyusun menjadi kalimat. Atau kamu juga bisa membuat statun atau caption di sosmed kamu menggunakan bahasa asing tersebut. Pasti akan menjadi sangat mudah dalam memperlajarinya.

7. Praktekkan

Selain menulis dan mendengarkan, mempraktekkan sangatlah penting. Praktekkan menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Di zaman milenial ini sangatlah memudah mempraktekan nya dengan orang asing secara langsung dengan cara mendownload aplikasi chat antar negara, mana tau kamu menemukan orang yang tepat agar kamu bisa mempraktekan langsung bahasa asingmu.

Atau kamu juga mengunjungi kota yang terdapat banyak wisatawan asing disana dan kamu bisa mengajak mereka ngobrol. Tentunya dengan mental dan kepedean yang kuat. Kamu tidak perlu takut dalam mempraktekan nya karena orang asing sanglah mendukung jika kamu mempelajari bahasa nya. Mereka tidak menertawai kamu jika salah dalam penyebutan, malah mereka menyemangati kamu.

Bagaimana guys, mudah bukan ? tentulah sangat mudah mempelajari bahasa asing jika kita mempunyai niat yang benar dan baik. Tapi ingat!! Jika kita sudah menguasai bahasa asing, jangan lah lupa dengan bahasa tanah air sendiri. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat ya guys,, selamat mencoba!!. (*)

Komentar