JUmbara

Sukseskan Jumbara PMR PMI Aceh di Aceh Tamiang, Digelar 20 Mai

ACEHSATU.COM | ACEH TAMIANG – Kabupaten Aceh Tamiang menjadi tuan rumah even Jumpa dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) se Aceh yang akan di gelar pada 20 Mai mendatang. Lokasi Jumbara ini di fokuskan di Objek Wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang, digelar selama tiga hari dari … Read more

ACEHSATU.COM | ACEH TAMIANG – Kabupaten Aceh Tamiang menjadi tuan rumah even Jumpa dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) se Aceh yang akan di gelar pada 20 Mai mendatang.

Lokasi Jumbara ini di fokuskan di Objek Wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang, digelar selama tiga hari dari 20-23 Mai 2023.

Sekretaris PMI Aceh Tamiang yang juga Sekretaris Panitia Lokal Jumbara PMR PMI Aceh, Amarullah kepada acehsatu.com, Selasa,2 Mai 2023 mengatakan, kegiatan Jumbara ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan PMR dalam ajang pertemuan untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan suasana gembira, bersahabat dan partisipatif.

“Proses pembelajaran dalam Jumbara memberikan keleluasaan kepada pembina masing-masing PMR untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan sekolah, serta membangun kreativitas, inovasi PMR dalam pembelajaran, serta Kerjasama antara pembina PMR,” ujar Adon sapaan akrab Amarullah.

Baca : Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Aceh Tamiang Periode 2023-2028 Resmi Dilantik

Lanjut Adon, tujuan dari kegiatan diantaranya

  1. Peserta memahami tujuh materi dasar PMR yakni, gerakan kepalangmerahan, kepemimpinan, kebersihan dan kesehatan, kesehatan remaja, pertolongan pertama, siaga bencana, dan donor darah
  2. Fasilitator dan pembina PMR memiliki metode dan model pelatihan yang tepat bagi PMR dalam penerapan syarat kecakapan PMR serta memfasilitasi PMR dalam menyusun rencana pedidikan sebaya (peer), metode, pembagian peran, media, dan evaluasi
  3. PMR dapat memahami dan dapat berperan sebagai “peer”. Peerleadership (untuk PMR Mula), peer support (untuk PMR Madya) dan peer educator (untuk PMR Wira)
JUmbara
Ilustrasi : Jumpa Gembira (Jumbara) PMR PMI/ist

Baca : PMI Aceh Tamiang Bantu Korban Kebakaran Di Blang Kandis

Dari kegiatan tersebut diharapkan mampu

  1. Terciptanya pembelajaran yang berkualitas serta membangun kreatifitas dan inovasi pembina dan fasilitator PMR
  2. Adanya sharing Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap (PKS) antar sesama peserta agar tercipta kesamaan pandangan dan pemahamanan mengenai metodologi pelatihan PMR
  3. Teridentifikasinya kesenjangan (gap) dalam penerapan materi PMR,dan
  4. Teridentifikasinya masukan atau rekomendasi untuk perbaikan materi dan metodologi pelatihan PMR  

Untuk suksesnya kegiatan tersebut, pihak panitia lokal sudah melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat dan pengelola objek wisata gunung Pandan serta melakukan berbagai persiapan lainnya yang dibutuhkan untuk kesuksesnya Jumbara tersebut,demikian Sekretarisn PMI Aceh Tamiang, Amarullah (*)  

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.