STO Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telkomsel Lumpuh Total

Penyebab sinyal Telkomsel hilang
Ilustrasi - Jaringan Telkomsel lumpuh. | Foto NET

ACEHSATU.COM | BANDA CEH  – Sejak Selasa (11/8/2020) siang pelanggan Telkomsel mengeluhkan tidak berfungsinya jaringan provider penyedia jasa layanan telekomunikasi itu.

Semua pelanggan di area Banda Aceh dan sejumlah daerah lain tidak bisa melakukan panggilan suara atau telepon dan bahkan SMS, akibat hilang sinyal.

Pihak Telkomsel pun angkat bicara terkait hilangnya sinyal yang dialami para pelanggannya di wilayah Sumatera.

Insiden kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, disebut sebagai penyebabnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara atau telepon dan SMS.

Fasilitas STO Telkom di Kota Pekanbaru yang mengalami kebakaran itu juga menyebabkan penurunan kualitas akses data saat para pelanggan Telkomsel di sejumlah wilayah Sumatera ketika akan mengakses internet.

Bahkan sejak Selasa siang, pengguna Telkomsel di wilayah Aceh nyaris tidak bisa mengakses internet, SMS dan melakukan panggilan suara.

Menurutnya, saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali.

“Kami akan sampaikan informasi lebih lanjut secara berkala untuk perkembangan proses pemulihan layanan tersebut,” ujar Denny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/8/2020).

Permohonan maaf

Telkomsel kata dia, menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi.

“Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel,” tandasnya.

Hingga laporan ini dibuat, jaringan Telkomsel untuk sejumlah area, baik di Banda Aceh maupun Aceh Besar, Pidie dan beberapa daerah lain sementara ini belum bisa digunakan. (*)