Sosialisasi ZIS, Baitul Mal Aceh Karyawisata Wakaf Peternakan Domba Aceh

Sosialisasi zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (Ziswaf), Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan karya wisata ke lokasi ternak wakaf domba milik PT Aceh Wakaf Corperation (AWC) di  komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate, Aceh Besar
baitul mal
Peserta sosialisasi zakat infak sedekah dan wakaf Baitul Mal Aceh melakukan karya wisata ke lokasi ternak wakaf domba milik PT Aceh Wakaf Corperation (AWC) di komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate, Aceh Besar. Sabtu (11/12/2021) acehsatu.com/Hamdani

ACEHSATU.COM [ ACEH BESAR – Sosialisasi zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (Ziswaf), Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan karya wisata ke lokasi ternak wakaf domba milik PT Aceh Wakaf Corperation (AWC) di  komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate, Aceh Besar.

Karya wisata tersebut  bertepatan dengan pengukuhan Pengurus Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC) yang dilakukan Baitul Mal Aceh di kebun kurma Barbate, Sabtu (11/12/2021)

Kunjungan tersebut bertujuan memberikan kesan spritualitas bagi peserta sosialisasi saat mengunjungi lokasi peternakan wakaf domba yang dikelola oleh PT Aceh Wakaf Corperation (AWC).

Peternakan yang dikunjungi itu merupakan salah satu unit usaha penggemukan domba di atas lahan wakaf yang berlokasi di  komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate yang saat ini baru menampung sebanyak 150 ekor domba jantan dari 4 kandang.

Peserta juga diperlihatkan hijauan makanan ternak jenis rumput yang ditanam pengurus wakaf domba di lahan seluas 8 hektar dengan berbagai jenis rumput lokal maupun impor yang mengandung protein tinggi untuk kebutuhan produksi daging domba.

Saat ini AWC telah mempekerjakan dua orang tenaga kerja khusus untuk menjaga dan merawat hewan ternak secara intensif guna menghasilkan domba-domba yang sehat dan gemuk. Sedangkan pengawasan dari tenaga kesehatan hewan dilakukan secara rutin dua minggu sekali atau sesuai kebutuhan.

Diharapkan pada tahun 2022 jumlah domba akan semakin bertambah hingga 350 ekor. Pengembangan usaha peternakan juga akan merambah ke sektor penggemukan sapi, direncanakan akan ada sebanyak 200 ekor sapi untuk persiapan qurban pada hari raya Iedul Adha 1443 H mendatang.

baitul mal
Peserta sosialisasi zakat infak sedekah dan wakaf Baitul Mal Aceh melakukan karya wisata ke lokasi ternak wakaf domba milik PT Aceh Wakaf Corperation (AWC) di komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate, Aceh Besar. Sabtu (11/12/2021) acehsatu.com/Hamdani

Selain mengelola usaha peternakan domba AWC juga menjalankan usaha penanaman padi dengan pola intensif di Gampong Paya Kereuleh, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, seluas empat hektar. Padi tersebut ditanam pada lahan milik masyarakat.

Salah seorang peserta Sosialisasi Ziswaf, Juanda Jamal yang ikut berkunjung ke lokasi peternakan mengatakan bahwa pola pengembangan ekonomi menggunakan pendekatan wakaf produktif adalah manifestasi kita menjalankan prinsip ekonomi islam.

“Apalagi dalam prakteknya secara teknis dapat kita gunakan sistem bagi hasil atau dalam budaya ekonomi kita dkenal juga sistem “meumawah,” maka semakin efektif mendorong tumbuhnya ekonomi di sektor ril. Sebagaimana diketahui bahwa masyarakat  kita sekitar  72 % adalah petani”, katanya.

Juanda Jamal yang juga sebagai Anggota Komisi V DPRK Aceh Besar menambahkan, program ini sangat ril sebagai langkah yang efektif untuk mengisi peluang pasar kita yang vakum setelah konflik dan bencana alam tsunami. Sehingga ketergantungan produk pada produk-produk luar dapat secara perlahan kita alihkan kembali pada hasil pertanian masyarakat Aceh sendiri.

“Jadi, kalau kita ingin Aceh maju maka kembangkan sektor ril, ubahlah ekonomi kita karena perubahan ekonomi dapat mengubah budaya,” tegas Djuanda.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat, Khalid Wardana, bahwa program yang hari ini dilaksanakan oleh AWC sangat bagus dalam rangka pemberdayaan ekonomi umat. Mudah-mudahan menjadi percontohan untuk menggerakkan wakaf produktif.

Khalid menilai program ini harus didukung serta mendapatkan perhatian semua pihak sebagai salah satu upaya membuka lapangan kerja dan menggerakkan sektor peternakan dengan memanfaatkan lahan yang banyak terbengkalai.

baitul mal
Peserta sosialisasi zakat infak sedekah dan wakaf Baitul Mal Aceh melakukan karya wisata ke lokasi ternak wakaf domba milik PT Aceh Wakaf Corperation (AWC) di komplek Lumbung Ternak Wakaf Barbate, Aceh Besar. Sabtu (11/12/2021) acehsatu.com/Hamdani

Sekilas PT Aceh Wakaf Coorperation

PT Aceh Wakaf Corperation merupakan konsorsium Global Wakaf Corpotation, Yayasan Wakaf Barbate Islamic City, Baitul Mal Barbate, Yayasan Kuttab Al Fatih Dzunnurain dan Koperasi Sie Breuh.

Sekarang ini telah membentuk anak usaha Aceh Wakaf Corporation (AWC) yang dijalankan oleh Husaini Ismail sebagai Presiden Direktur, Direktur Operasional Samsul Bahri dan Direktur Keuangan Irwan Faisal. Perusahaan ini dibentuk untuk mengelola Wakaf Produktif.

Adapun tujuan pengelolaan harta wakaf untuk meningkatkan perekonomian umat melalui sumber dana yang halal dan dapat menyejahterakan masyarakat tanpa terikat dengan unsur riba.

AWC mengusung misi membangun dan memakmurkan Aceh dengan wakaf, mengelola, menjaga pokok, mengembangkan aset dan dana wakaf secara profesional, hati-hati, amanah, berkelanjutan & sesuai syariah untuk mencapai kemakmuran. (*)