Soal Gerhana Matahari 21 Juni Pertanda Kiamat, Ini Penjelasan Ustaz Riza Muhammad

ACEHSATU.COM – Fenomena alam gerhana matahari cincin yang akan terjadi di Indonesia berhasil menciptakan rasa penasaran masyarakat.

Bahkan heboh isu yang menyebut jika fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi pada 21 Juni itu adalah sebagai pertanda kiamat.

Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A

Dikutip dari InsertLive.com, Seiring ramainya isu tersebut, Ustaz Riza Muhammad pun langsung memberikan penjelasan tentang akhir zaman. Ia menyebut jika tak ada satu pun orang yang mengetahui kapan kiamat akan datang.

“(Sebuah surat menyatakan) dan tidak ada seorang pun yang tahu kapan tiba hari kiamat nah sampai di sini maka tidak ada suku mana pun termasuk suku maya atau orang mana pun yang bisa menentukan atau memprediksikan hari kiamat,” kata Ustaz Riza Muhammad, Selasa (16/6/2020).

Riza menambahkan jika hanya Tuhan Yang Maha Esa yang mengetahui kapan akhir zaman akan tiba dan bukan ditentukan oleh salah satu suku maupun kelompok tertentu.

“Yang tahu tentang hari kiamat hanyalah Allah lalu bagaimana mungkin ada kelompok atau suku yang telah memprediksi hari kiamat begini dan begitu, kapan dan seperti tanggal dan jamnya,” jelas Riza Muhammad.

Ia menambahkan jika kelak kiamat akan datang secara tiba-tiba dan tidak bisa ditentukan kapan hari akhir itu akan datang. Namun sebuah surat menyatakan jika kiamat akan datang pada hari Jumat.

“Kiamat itu sesuatu yang mengerikan yang dahsyat bagi penduduk langit atau penduduk bumi dan datangnya tiba-tiba. Kiamat itu tidak akan datang kecuali tiba-tiba,” ucap Riza Muhammad.

“Pastinya hari kiamat terjadi pada hari Jumat karena hal itu telah dijelaskan dalam satu hadist. Tidak akan pernah terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat,” sambungnya. (*)