oleh

Sidang Pleno KPU Cianjur Ricuh, Ini Penyebabnya

-Nasional-56 views

ACEHSATU.COM – Sidang pleno rekapitulasi suara di Cianjur ricuh. Sidang sampai diskorsing. Kericuhan itu diabadikan dalam sebuah video dan tersebar di aplikasi pesan singkat.

Dalam video berdurasi sekitar 2 menit yang diterima detikcom, Sabtu (4/5/2019), terjadi aksi saling dorong antara sejumlah pihak di ruang rapat yang diduga digelar di salah satu hotel di Cianjur tersebut.

Foto: Syahdan Alamsyah

Rusli Hartawan, saksi partai politik dari PAN yang berada di lokasi membenarkan video kericuhan itu terjadi saat sidang pleno sekitar pukul 23.00 WIB malam tadi.

“Saat sidang pleno terbuka du Hotel Yasmin, awalnya ada perdebatan panas antara Panwas Bawaslu Cianjur dengan PPK KPU Cianjur, persoalannya terkait Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Kecamatan Dapil IV Cianjur,” kata Rusli melalui sambungan telepon, Sabtu (4/5).

Perdebatan panas saat itu tidak kunjung mereda, beberapa anggota PPK turut maju ke depan meja persidangan. Akibat kejadian itu sidang pleno terpaksa di skorsing.

“Malam tadi diskorsing, mereka yang berseteru masih gontok-gontokan saling dorong. Ada beberapa petugas kepolisian langsung meredam keadaan dan memisahkan,” lanjut dia.

Hingga saat ini Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur Usep Agus Zawari dan Ketua KPU Kabupaten Cianjur Hilman Wahyudi belum bisa dimintai konfirmasi terkait peristiwa tersebut. Menurut informasi keduanya masih mengikuti acara sidang pleno rekapiulasi suara lanjutan.

 

Komentar

Indeks Berita