Sering Pamer Kemewahan, Ternyata Selebgram Follower 2,4 Juta Ini Seorang Penipu

ACEHSATU.COM – Postingan Selebgram dengan 2,4 juta Followers Ramon Olorunwa Abbas yang memiliki akun “hushpuppi”, tentang gaya hidupnya yang mewah memang bikin netizen iri. Tapi siapa sangka ia ternyata adalah penjahat siber.

Foto: HUSHPUPPI (Tangkapan Layar Instagram @hushpuppi)

Iya, pemilik akun Instagram Hushpuppi ini sering memamerkan koleksi mobil-mobil mewah seperti Rolls Royce, Jet Pribadi dan tempat tinggal pribadinya nan megah di Instagram. Ia tinggal di Uni Emirat Arab dan mengklaim sebagai pengusaha real estate.

Namun bulan lalu ia ditangkap oleh Polisi Dubai dan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pengadilan Chicago atas tuduhan kejahatan siber dan pencucian uang ratusan juta dolar.

Ia ditangkap bersama dengan temannya Olalekan Jacob Ponle pemilik akun Instagram ‘mrwoodbery’ yang punya hobi sama, suka pamer harta dan mobil mewahnya.

“Investigasi FBI mengungkap bahwa Ramon mendanai gaya hidup mewahnya melalui aksi kriminal,” ujar FBI dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari NBC News, Rabu (8/7/2020).

Dalam penangkapan Ramon Olorunwa, Polisi Uni Emirat Arab berhasil mengamankan uang tunai US$40 juta atau setara Rp 560 miliar (asumsi Rp 14.000/US$), 13 mobil mewah senilai US$6,8 juta, 21 komputer dan 47 smartphone.

Polisi juga menemukan 2 juta alamat email yang diduga merupakan korban dari penipuan mereka berdua, seperti dikutip dari BBC International.

Usut punya usut ternyata mereka melakukan aksi kejahatannya dengan mengaku sebagai karyawan resmi berbagai perusahaan AS dengan skema “mengkompromikan email bisnis”, menipu para penerima email untuk mengirimkan jutaan dolar ke rekening mereka. (*)