oleh

Serasa Cerita Roro Jonggrang, Aksi Pria Ini Pindahkan Rumah Hanya Butuh Waktu 1,5 Jam

-Nasional-1.708 views

ACEHSATU.COM – Aksi pria di Ngawi yang memindahkan rumah dalam semalam mengingatkan pada dongeng Roro Jonggrang. Seperti apa kisahnya?

Rumah yang dipindahkan seorang diri oleh Giman (47) dalam semalam/Foto: Sugeng Harianto

Dukutip dari detikcom, Dalam dongeng tersebut, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso membuat seribu candi dalam semalam, sebagai syarat untuk mempersunting dirinya. Untuk memenuhi syarat tersebut, Bandung Bondowoso meminta bantuan makhluk halus.

Bandung Bondowoso dan para jin yang membantunya berhasil menyelesaikan 999 candi. Namun saat mereka membuat candi yang terakhir, Roro Jonggrang berbuat curang dengan melakukan berbagai upaya untuk membuat kesan bahwa itu sudah menjelang pagi.

Sang pangeran yang murka atas kecurangan tersebut mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Menurut kisah ini, 999 candi itu kini dikenal sebagai Candi Sewu, dan arca Durga di ruang utara candi utama di Prambanan merupakan perwujudan sang putri yang dikutuk menjadi batu.

Kini di Ngawi, seorang pria bernama Giman (47) tengah viral di media sosial karena dianggap bisa memindahkan rumah seorang diri dalam semalam. Rumah tersebut berada di Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar.

Ia mengaku bisa memindahkan (menggeser dan mengangkat) rumahnya tanpa bantuan orang lain. Bahkan aksi tak masuk akal tersebut ia lakukan dalam waktu singkat.

Proses memindah rumah itu, kata Giman, dilakukan pada Kamis malam Jumat (25/6). Namun aksi tersebut baru viral dalam seminggu terakhir. Saat itu, Giman mengaku hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk memindahkan rumahnya.

“Saya sendiri yang mindah. Proses sekitar satu jam setengah waktu itu. Jadi mungkin banyak orang yang ndak percaya,” ujar Giman kepada detikcom di rumahnya, Kamis (9/7/2020).

Menurut Giman, rumah yang ia pindahkan merupakan jenis rumah adat Jawa, yang terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting. Rumah itu berukuran 10 x 12 meter.

Normalnya, menurut Giman, untuk memindahkan rumah kampung biasanya butuh bantuan warga satu RT. Itu sebabnya, apa yang ia lakukan menjadi perhatian dan mengingatkan pada dongeng Roro Jonggrang. Seperi yang disampaikan kepala Dusun/Desa Mengger, Sudadi.

“Seperti kisah Roro Jonggrang ini,” ungkap Sudadi.

Rumah Giman kini banyak didatangi warga yang penasaran. Bahkan, banyak warga dari luar Ngawi yang ingin melihat langsung rumah tersebut.

“Datang dari Purwodadi Jateng pengen ke sini lihat rumahnya Pak Giman yang viral katanya seperti dongeng Roro Jonggrang,” ujar Darto (45), salah seorang pengunjung. (*)

Indeks Berita