oleh

Sepi Tawaran Manggung Akibat Corona, Aktor Komedi “Pileh Lon Cok Peng” Ini Banting Setir Jadi Pedagang Kerupuk

-Gaya Hidup-292 views


ACEHSATU.COM | MEULABOH
– Siapa sangka demi mempertahankan ekonomi dan menafkahi keluarga, seseorang harus rela banting setir menggeluti profesi baru.

Hal sama juga dilakoni Lemto, aktor lawak yang dikenal luas publik Aceh karena aksinya memerankan salah tokoh dalam drama komedi “Pileh Lon Cok Peng” viral saat musim pemilihan umum 2019 lalu.

Lantaran sepi tawaran manggung, Lemtoe harus bekerja keras demi menyambung hidup bersama istri dan keluarganya.

BACA JUGA:
Selebgram Cantik asal Aceh Ini Batal Nikahi Syahrul Gunawan, Ungkap tak Pernah Pacaran

BUSET! Vicky Prasetyo tak Pernah Bosan Goda Cewek Kece, Calon Istri Sahrul Gunawan Dikirim Ini Lewat DM

Aktor komedi yang video lawaknya banyak tersebar di jejaring media sosial itu kini mulai banting setir dan menggeluti bisnis baru sebagai penjual kerupuk.

Jika dulu sering dapat tawaran manggung dan menghibur masyarakat, namun sejak wabah corona merebak membuatnya nyaris tak ada job lawak. Kini penghasilan Lemtoe bergantung pada hasil usahanya yang ia kelola bersama sang istri.

Lemtoe saat sedang menjemur kerupuk yang merupakan bisnis barunya bersama sang istri. | Foto: Repro Antara

Dikutip dari Antara, deorang komedian Aceh, Herizal alias Lemtoe (34) mengalihkan profesinya sebagai pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang bisnis kerupuk, akibat bisnis jasa komedian dan jasa syuting resepsi pernikahan terdampak pandemi COVID-19.

“Ide untuk mengembangkan bisnis kerupuk ini saya lakukan, untuk mempertahankan ekonomi keluarga dan kebutuhan sehari-hari,” kata Herizal di Meulaboh, Selasa (2/6/2020) siang.

BACA JUGA:

FAKTA TERBARU: Foto Mesum Zuraida Hanum Bersama Jefri Pembunuh Hakim Jamaluddin Diperlihatkan, Begini Reaksi Sang Ibunda

Soal Webinar Pemakzulan, Ade Armando Minta Maaf ke Muhammadiyah dan Tegaskan Tak Minta Maaf ke Din Syamsuddin

Menurutnya, bisnis jualan kerupuk tersebut sebetulnya selama ini dikelola oleh sang isteri untuk membantu pendapatan sehari-hari di keluarga.

Namun karena pandemi, ia turut membantu sang isteri agar pendapatan ekonomi keluarga bisa bertahan, sekaligus menjadi sumber pendapatan harian.

Meski menggeluti bisnis kerupuk, pria yang akrab disapa dengan sebutan Lemtoe mengaku omset yang ia raih setiap harinya mencapai ratusan ribu rupiah, dengan pangsa pasar kerupuk di sekitar Kota Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat dan kecamatan di daerah tempat ia tinggal.

“Saya tidak pernah malu menjual kerupuk, karena kita hidup bukan hari ini saja,” katanya menegaskan.

BACA JUGA: Menteri Agama: Jemaah Haji Batal Berangkat Bisa Tarik Uang Pelunasan, Ini Besaran Nilai Manfaat Diberikan untuk Jemaah Haji Asal Aceh Akibat Pembatalan Pemberangkatan

Meski mengakui profesi yang ia lakoni selama ini terdampak parah akibat pandemi COVID-19, Lemtoe mengaku tetap biasa saja.

Di waktu senggang, ia masih tetap berkreasi dengan video kocak yang ia unggah melalui media sosial dan Youtube, untuk menghibur penggermar setianya.

Meski pun demikian, ia juga berharap pemerintah tetap memperhatikan pekerja seni yang terdampak ekonomi di masa sulit saat ini, dan berharap pemerintah turut memperhatikan semua kalangan masyarakat, agar dapat bangkit dengan penyediaan lapangan kerja serta peningkatan sumber ekonomi lainnya, ungkapnya. (*)