Seorang Sopir Angkutan Umum Positif Narkoba Usai Menjalani Tes Urine

AKP Vifa Febriana Sari mengatakan sopir positif menggunakan narkoba itu diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe untuk penyelidikan lebih lanjut.
Tes urine, sopir angkutan umum positif narkoba
Sopir angkutan umum menjalani tes urine di Terminal Tipe A Lhokseumawe, Rabu (27/4/2022).

ACEHSATU.COM | Lhokseumawe – Seorang sopir angkutan umum positif narkoba usai menjalani tes urine digelar petugas gabung untuk memastikan keamanan angkutan darat saat mudik lebaran di Terminal Tipe A Lhokseumawe, Aceh. 

“Sebanyak 25 sopir angkutan umum menjalani pengecekan urine, seorang di antaranya positif menggunakan narkoba,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe AKP Vifa Febriana Sari di Lhokseumawe, Kamis. 

AKP Vifa Febriana Sari mengatakan sopir positif menggunakan narkoba itu diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe untuk penyelidikan lebih lanjut.

Tes urine, kata AKP Vifa Febriana Sari, untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba di kalangan sopir angkutan umum.

Pemeriksaan urine tersebut bekerja sama dengan Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe, dan Terminal Tipe A Lhokseumawe serta melibatkan tim kesehatan Mabes Polri.

Selain mengecek urine, kata AKP Vifa Febriana Sari, pihaknya juga memeriksa kesehatan sopir angkutan umum untuk memastikan kondisi sehat mereka saat mengemudi. 

“Kami juga menyosialisasikan protokol kesehatan kepada para pengguna angkutan umum dan menyediakan gerai vaksinasi bagi penumpang yang belum divaksin,” kata AKP Vifa Febriana Sari.

Kepada pengguna jalan raya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe itu mengimbau agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika kelelahan segera beristirahat di pos pengamanan dan pos pelayanan yang disediakan. 

Rizki Ananda, sopir angkutan umum, menyambut baik tes urine dilakukan jajaran Polres Lhokseumawe dan instansi terkait lainnya karena berdampak positif pada pelayanan masyarakat, terutama saat mudik lebaran.

“Saya berterima kasih dan menyambut baik. Karena tujuannya untuk menciptakan awak angkutan yang bersih narkoba dan bertujuan untuk keselamatan penumpang,” kata Rizki Ananda.