Berita Lainnya

Hukum

Politik

ACEHSATU.COMKaroseri Adiputro kembali mengeluarkan bus baru milik PO Sempati Star.8 6 Perusaaan otobus asal Medan, Sumatera Barat itu merilis dua armada baru model sleeper menggunakan bodi Jetbus3+ MHD Dream Coach.

PO Sempati Star membangun bus baru di atas sasis Mercedes-Benz OH 1526 yang akan melayani kelas Sleeper Premier. Bus ini menggunakan kursi sleeper atau rebahan, lengkap dengan tirai sebagai penutup untuk membuat kabin lebih privasi.

Bus baru ini memiliki tampilan eksterior yang menarik lantaran menggunakan single glass untuk memberikan visibilitas yang baik untuk konsumen. Namun, untuk bus kelas sleeper, adanya kaca single glass kurang begitu berguna.

Bus ini juga masih mempertahankan warna kuning yang dipadukan dengan hitam lengkap dengan bintang-bintang yang menjadi ciri khas PO Sempati Star. Terdapat juga list berwarna silver yang memisahkan kaca bawa dan atas.

Pemisahan itu membuat armada baru ini terlihat lebih tinggi dan sekilas mirip dengan bus double decker karena ada dua bagian terpisah. Sedangkan bagian belakang terdapat banyak kisi-kisi udara untuk membuang hawa panas dari mesin.

Masuk ke bagian dalam, kesan mewah langsung terasa dengan perpaduan warna coklat, hitam, dan silver, serta motif kayu. Material soft touch atau empuk saat dipegang membuat kabis terasa lebih elegan.

Untuk kabin sleeper, setiap kursinya dibalut dengan kulit sintetis berwarna hitam dan coklat. Masing-masing penumpang dibekali TV dengan layar yang cukup besar sebagai pusat hiburan sepanjang perjalanan.

Fasilitas yang diberikan pada bus ini selain pusat hiburan melalui TV, ada juga USB, lampu baca, bantal dan selimut, CCTV, serta toilet yang terdapat bagian paling belakang bus. Di sana juga terdapat “kandang macan” sebagai ruang istirahat atau tempat tidur kru bus.

Menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1526 MT, kenyamanan bus baru PO Sempati Star tak perlu diragukan lagi. Mengingat sasis ini sudah dilengkapi air suspension yang membuat bus lebih stabil saat melewati jalan bergelombang.

Dari segi dapur pacu, sasis ini menggunakan mesin OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler berkapsitas 6.374 cc. Ini dapat menyemburkan tenaga 260 hp pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm yang dapat melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 120 km per jam. (*)