Sempat Nihil Kasus Baru, Aceh Timur Kembali Catat Peningkatan Kasus COVID-19

Kasus COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur kembali meningkat dalam beberapa terakhir ini setelah sebelumnya sempat nihil didaerah itu.
Covid Aceh Timur
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Aceh Timur, Dr Edy Gunawan MARS (tengah) memberikan arahan terkait COVID-19 disela-sela Konferensi Pers di Aula Serbaguna di Idi, Rabu (19/8/2020) (ANTARA/Hayaturrahmah

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR  – Kasus COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur kembali meningkat dalam beberapa terakhir ini setelah sebelumnya sempat nihil didaerah itu.

“Iya benar, setelah sebelumnya sempat nihil, kini total pasien COVID-19 di Aceh Timur sebanyak 48 kasus. Namun 36 sembuh dan satu meninggal. Artinya, posisi saat ini yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 11 kasus,” kata Jubir Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Aceh Timur, dr Edy Gunawan MARS, di Idi, Kamis.

Ia mengatakan, dari 11 pasien COVID-19 Aceh Timur saat ini tersebar di beberapa tempat, baik dirawat atau isolasi mandiri, diantaranya empat pasien dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, satu pasien di rawat di RS Hermina Medan, Sumatera Utara, sedangkan enam pasien lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Satu dari empat pasien yang dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, kini sudah dipulangkan pihak keluarga ke Aceh Timur,” kata dr Edy.

Untuk menekan angka penyebaran, dr Edy berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak serta sering mencuci tangan.

 “Soal Disiplin Protokol Kesehatan telah dijadikan Peraturan Bupati (Perbup), sehingga setiap pelanggar akan dikenakan sanksi. Ini tujuannya agar penyebaran wabah COVID-19 di Aceh Timur dapat ditekan. Namun mustahil terjadi saat masyarakat tidak mendukung. Oleh sebabnya perlu dukungan semua lapisan masyarakat,” kata dr Edy. (*)