Semenjak Medco E&P Malaka Beroperasi, Ini Kata Mantan Keuchik Blang Nisam

Medco E&P Malaka beroperasi di Kabupaten Aceh Timur sejak tahun 2011 dan sudah banyak membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat.
Medco E&P Malaka
Foto HO/ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Semenjak beroperasi PT Medco E&P Malaka di Kabupaten Aceh Timur di tahun 2011 sudah banyak membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Seperti halnya di ungkapkan oleh Mantan Keuchik Blang Nisam Rusli Usman kepada ACEHSATU.COM di salah satu warung kopi di lingkar tambang Medco, Minggu (26/09/2021).

Menurutnya, keberadaan Medco sangat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di lingkar perusahaan.

“Perusahaan sangat membantu dan peduli kegiatan masyarakat di lingkar tambang,banyak kemudahan-kemudahan yang di berikan akses oleh perusahaan terhadap masyarakat seperti, pembersihan lahan gratis, pembersihan akses jalan ke kebun masyarakat,” ujar mantan Keuchik Blang Nisam.

Selain membantu dalam hal kegiatan masyarakat di bidang sektor ekonomi, Medco juga membantu di bidang pendidikan.

“Selain di bantu di bidang kegiatan masyarakat,Medco juga membantu memfasilitasi masyarakat di sekitar operasi Blok A untuk meningkatkan kompetensi diri dengan menimba ilmu dan keterampilan di Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak,” katanya.

Ia mencontoh, bidang pendidikan bagi anak diberikan kursus baca, tulis, hitung, bahasa Inggris dan komputer, keterampilan dan kesenian budaya.

Selain itu, juga disediakan sarana perpustakaan dan fasilitator program.

Sementara bagi kaum ibu, Medco E&P juga menyiapkan program kesehatan dan berbagai pelatihan keterampilan, termasuk nursery untuk belajar pemanfaatan tanaman obat organik.

Mantan Forum Keuchik Indra Makmur ini juga menyatakan Medco juga membantu kegiatan-kegiatan yang diselengarakan di desa. (*)