oleh

Sembilan Dokter PPDS Unsyiah Positif Corona

Sembilan Dokter PPDS Unsyiah Positif Corona

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Dokter PPDS Unsyiah termasuk dalam akumulasi positif kasus corona di Aceh. Hingga hari ini, Kamis  (30/7/2020), tercatat 74 orang yang terkonfirmasi positif kasus corona di Aceh.

Data ini menunjukkan bahwa sehari sebelumnya jangkitan virus corona di Aceh “hanya” 45 kasus.

Sebelumnya lagi pernah 27 kasus (pada 15 Juli), 22 kasus (28 Juli), dan 13 kasus dalam satu hari tiga pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif di Banda Aceh, mengatakan, 50 dari 74 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab berbasis real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Laboratorium Balitbangkes Aceh  di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Sedangkan 24 orang lagi diketahui positif Covid-19 dari hasil uji swab di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Data ini menujukkan hasil tertinggi angka positif Covid-19 di Aceh sejak pertengahan Maret.

Ternyata dari 74 orang itu, sembilan di antaranya mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Unsyiah atau juga lebih dikenal dokter PPDS.

Informasi tersebut dihimpun dari sejumlah rangkuman portal berita lokal yang mengambil sumber-langsung dari Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Dokter PPSD Unsyiah

Disebutkan, dari 24 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di lab tersebut, sembilan orang merupakan mahasiswa PPDS Unsyiah.

Selain itu, ada satu keluarga di Banda Aceh yang delapan orang anggota keluarganya semua positif corona.

Sementara itu, secara umum Kepala Laboratorium Balitbangkes Aceh, Dr Fahmi Ichwansyah, juga mengakui jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini sangat banyak.

Dengan bertambahnya 74 pasien corona hari ini, maka total orang yang terinfeksi Covid-19 di Aceh sejak Maret lalu mencapai 312 orang.

Sebanyak 12 orang meninggal, 94 orang sembuh, dan puluhan orang lainnya sedang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Aceh.

Selain itu, ada 69 orang lagi yang sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya. (*)

LIHAT JUGA:

Indeks Berita