Selamat Datang Bulan Rajab, Perbanyak Istighfar

Selain berzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya.
Hamdani.

ACEHSATU.COM – Salah satu bulan yang sangat istimewa dalam Islam selain bulan Ramadan adalah bulan Rajab.

Bulan Rajab dihitung berdasarkan hitungan qamariah. Bulan Rajab 1442 H jatuh pada Jumat (12/2/2021) sore.

Tepatnya tanggal 1 Rajab 1442 H (Hijriah) atau jika dalam hitungan kalender Masehi bertepatan pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2021.

Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah.

Banyak keistimewaan yang terkandung didalam bulan Rajab. Keistimewaan tersebut tentu saja dapat memberikan keuntungan dan manfaat yang besar bagi umat Islam.

Amalan-amalan yang baik sangat dianjurkan untuk dilakukan didalam bulan yang mulia karena balasan pahalanya yang juga istimewa.

Bulan Rajab dan Ramadan hanya berjarak sekitar 2 bulan. Artinya, Rajab bisa menjadi bulan terbaik untuk mempersiapkan diri menuju bulan suci Ramadhan.

Selain berzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya.

Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu.

Di Aceh kedatangan bulan Rajab disambut secara istimewa oleh umat Islam.

Meski tidak semeriah memasuki bulan Ramadan, sikap umat Islam di Aceh menyambutnya dengan perasaan gembira.

Refleksi kegembiraan itu ditunjukkan dengan melakukan beragam amalan dan kegiatan sosial yang bernilai syiar.

Di sebagian daerah ada yang melakukan tradisi kenduri Apam (Kue semacam serabi) khas Aceh kepada anak yatim-piatu dan fakir miskin.

Meski tradisi itu sudah berlangsung cukup lama dan turun temurun namun sampai sekarang di jaman modern ini masih dilaksanakan.

Dalam konteks ibadah, umat Islam banyak yang melakukan puasa. Walaupun tidak ada tata cara ibadah puasa secara khusus di bulan Rajab tetapi sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin melakukan puasa.

Kebiasaan berpuasa di bulan Rajab sangat baik sebelum memasuki Ramadan. Paling tidak sudah melatih diri untuk berpuasa.

Karena itu Rasulullah Saw sangat menganjurkan agar kita berdoa kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan bulan suci Ramadan.

Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca doa yang artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

Hadits tersebut sangat masyhur dikalangan umat Islam.

Selain berpuasa amalan lainnya yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Rajab adalah memperbanyak istighfar.

Rusman H Siregar menuliskan dari Kitab Risalah ‘Amaliyah disebutkan, “Barangsiapa membaca (istighfar) pada bulan Rajab, bulan Sya’ban dan bulan Ramadan dibaca pada tiap-tiap hari antara salat Ashar dan Maghrib, maka Allah mewahyukan kepada dua Malaikat agar merobek buku catatan dosa dan kesalahannya semasa hidupnya.”

Demikianlah beberapa catatan amalan penting yang dapat dilakukan oleh kaum muslimin pada bulan Rajab sebagai sarana meningkatkan ibadah dan amalan kita. (*)