oleh

Selain Jokowi, Penjual HP Ini Juga Catut Nama Sejumlah Politisi

-Nasional-116 views

ACEHSATU.COM – Polisi menangkap pria asal Jalan Ir Juanda, Probolinggo M. Mirza (27) yang mengaku sebagai Presiden Jokowi. Mirza mengaku sebagai Jokowi agar dagangan handphonenya laris manis.

Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Selain Kaesang, Mirza juga kerap mengaku sebagai politisi seperti Agus Harimurti Yudhoyono hingga Marzukie Alie. Mirza juga mencatut nama Kaesang Pangarep.

“Direktorat kriminal khusus melalui subdit cyber telah melakukan pengungkapan atas tersangka MM ini di daerah Probolinggo, di mana proses yang dilakukan adalah jual beli barang elektronik jenis handphone,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (21/1/2020).

Truno menyebut proses penjualan yang dilakukan Mirza memang benar dengan mengirim handphone yang dijualnya. Namun, caranya mengaku sebagai presiden dan para politisi lainnya. Tujuannya agar lebih dipercaya.

“Prosesnya benar yang bersangkutan, artinya melakukan transaksi jual beli handphonenya. Namun modusnya agar memperlancar prosesnya dia mengaku dari keluarga besar istana maupun juga beberapa nama pejabat penting,” imbuh Truno.

Selain itu, Truno memaparkan Mirza melancarkan aksinya melalui pesan WhatsApp berisi promo penjualan handphone yang dikirim secara acak ke beberapa nomor. Mirza juga kerap menggunakan twitter sebagai media untuk promosi.

“Melalui pesan random, beberapa nomor yang diakui dan pengakuan atas nama Putra keluarga presiden. Kemudian dari pejabat menawarkan sejumlah handphone. Kemudian pembeli merasa yakin ini bagian keluarga pejabat dan kemudian membeli. Harganya harga normal juga, tidak murah juga. Korbannya orang biasa,” papar Truno.

Atas aksinya, Mirza terancam hukuman penjara maksimal 12 tahun karena melanggar pasal 35 junto pasal 51 ayat 1 UU no 19 tahun 2016 tentang ITE. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti handphone, uang, hingga screen shot chatting Mirza pada pelanggan. (*)

Komentar

Indeks Berita