Selain Aceh Utara Banjir juga Rendam Enam Gampong di Aceh Tamiang

ketinggian air bervariasi yang merendam pemukiman penduduk, mulai dari 40 hingga 80 centimeter dan untuk saat ini akses dari gampong Juar menuju Sekumur sementara terputus.
Banjir yang merendam salah satu gampong di Aceh Tamiang.
Banjir yang merendam salah satu gampong di Aceh Tamiang. Foto: Dok. BPBA

ACEHSATU.COM | Aceh Tamiang – Hujan lebat yang terus mengguyur wilayah kabupaten Aceh tamiang mengakibatkan enam gampong di daerah tersebut terendam banjir sejak, Rabu (5/10/2022) kemarin.

Baca Juga: Sebanyak 13.708 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Aceh Utara 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan ada empat kecamatan dan enam gampong yang terkena imbas dari hujan lebat tersebut diantaranya di Kecamatan Bandar Pusaka di Gampong Pantai Cempa dan Gampong Babo.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Aceh Mengabaikan Kewenangannya Terhadap Banjir Aceh Utara 

Kemudian di Kecamatan Sekerak di Gampong Baleng Karang dan Gampong Juar, Kecamatan Kota Kualasimpang di Gampong Kota Kualasimpang dan Kecamatan Kejuruan Muda di Gampong Bukit Rata.

Baca Juga: Dua Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir Akibat di Guyur Hujan dari Kemarin

BPBA menjelaskan dalam laporannya “Akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda Aceh Tamiang mengakibatkan terjadinya banjir dan luapan air sungai,” Kamis (6/10).

Sementara ketinggian air bervariasi yang merendam pemukiman penduduk, mulai dari 40 hingga 80 centimeter dan untuk saat ini akses dari gampong Juar menuju Sekumur sementara terputus.

BPBD Aceh Tamiang telah melakukan koodinasi dengan perangkat gampong dan telah melakukan pendataan dampak banjir.

“Kondisi sudah mulai surut untuk wilayah Tamiang Hulu, dan semakin tinggi untuk wilayah tengah dan hilir dikarenakan laut dalam kondisi pasang mati sehingga laju air masih tertahan,” tutup BPBD Aceh Tamiang