SD Negeri Bak Sukon Kuta Cot Glie Direlokasi, Masuk Pembangunan Jalan Tol

SD Negeri Bak Sukon, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, bakal direlokasi karena lahan sekolah tersebut masuk pembangunan jalan tol. Saat ini masih dicari lahan untuk pemindahan sekolah tersebut.
SD Negeri Bak Sukon
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, saat meninjau pembangunan jalan tol seksi 3. (Foto: dok Humas Aceh)

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – SD Negeri Bak Sukon, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, bakal direlokasi karena lahan sekolah tersebut masuk pembangunan jalan tol. Saat ini masih dicari lahan untuk pemindahan sekolah tersebut.

“(Sekarang) lagi dicari lahannya sedang hitung KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik),” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Dadek mengatakan progres pembebasan lahan pembangunan jalan tol seksi 3 sudah mencapai 98,6 persen dari total 560 bidang. Sisanya masih ada 12 bidang yang belum dibebaskan, termasuk lahan SD Bak Sukon.

“Sisa 12 bidang yang belum bebas ini meliputi Tanah Khas Desa (TKD) di Bueng Simek, Lhieb, Keureuwung Blang, dan Lampanah Baro. Ada satu bidang tanah, yaitu SD Negeri Bak Sukon, yang sedang proses relokasi,” jelas Dadek.

SD Negeri Bak Sukon
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, saat meninjau pembangunan jalan tol seksi 3. (Foto: dok Humas Aceh)

Jalan tol seksi tiga Jantho-Indrapuri itu sepanjang 16 kilometer. Jalan itu bagian dari ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh.

Menurut Dadek, progres pembangunan konstruksi Seksi 3 telah mencapai 89 persen. Proses pekerjaan saat ini menyisakan ramp 2 dan 3 menuju interchange Jantho, marka jalan, guard rail, gerbang tol Jantho, median barrier, oprit overpass, dan intersection Jantho.

“Progres konstruksi juga berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, sisa 11 persen pembangunan konstruksi akan tuntas pada Desember 2020 ini,” ujarnya. (*)