Satu Santri Gontor Asal Sumatera Selatan Positif Virus Corona

Satu Santri Gontor Asal Sumatera Selatan Positif Virus Corona

ACEHSATU.COM | PALEMBANG¬† — Seorang santri Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur yang baru dipulangkan ke Sumatera Selatan dinyatakan positif virus corona usai menjalani tes pemeriksaan cepat Covid-19, Senin (13/4/2020).

Santri tersebut saat ini dirawat di rumah sakit lini kedua selama menunggu hasil tes swab.

Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Yusri mengatakan, sebanyak 206 orang santri Pesantren Gontor dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing dan tiba di Sumsel hari ini. Terdapat 224 santri Gontor yang tiba di Sumsel.

Sebanyak 158 datang melalui jalur darat dan 66 lainnya lewat jalur udara.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 171 santri menjalani rapid test. Sebanyak 11 dikarantina di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang.

Sedangkan seorang santri yang positif tes dirawat di RS Siti Fatimah Sumsel. Kemudian, 159 santri lainnya dipulangkan.

“Satu orang santri itu jenis kelamin laki-laki usia 17 tahun. Yang bersangkutan memang sedang kurang enak badan dan menunjukkan gejala demam tanpa ada pneumonia, kita jadikan statusnya ODP. Akan dilanjutkan dengan tes labor PCR,” ujar Yusri.

Sementara untuk 11 santri lainnya dikarantina di Wisma Atlet Jakabaring karena telah berinteraksi dengan santri yang positif rapid tes tersebut. Bila hasil tes swab menunjukkan bahwa santri tersebut positif Covid-19 maka 11 santri lainnya pun masih akan tetap dikarantina hingga melalui masa inkubasi virus.

“Kalau negatif hasil PCR-nya bisa pulang seperti santri lainnya,” kata dia.

Selain itu, terdapat enam tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja dari Malaysia kembali ke Sumsel. Keenam TKI tersebut datang dari Medan dan sempat dirawat di RS Siti Fatimah.

“Hingga sore belum ada laporan. Biasanya kalau tidak ada laporan mereka sudah dinyatakan sehat,” kata Yusri.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Nur Purwoko Widodo mengatakan, jumlah orang dalam pemantauan di Sumsel mencapai 2.123 orang. Dari jumlah tersebut, 1.188 orang diantaranya selesai masa pantau dan 653 lainnya masih proses pemantauan.

Terdapat penambahan 16 ODP baru pada Senin (13/4). Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumsel terdapat 72 orang.

Sebanyak 50 orang dinyatakan negatif uji swab dan 22 masih dalam perawatan dan menunggu hasil tes swab. Terdapat penambahan tiga PDP baru pada hari ini.

“Jumlah sampel yang diperiksa dari Sumsel ada 195 sampel. Sebanyak 18 positif Covid-19, 89 negatif dan yang masih dalam proses pemeriksaan di BBLK Palembang ada 88 sampel. Kabar baiknya, tiga orang pasien positif sudah dinyatakan sembuh. Tiga pasien ini warga Ogan Komering Ilir, Palembang, dan Jakarta,” ungkap Nur. (*)