oleh

Satu Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Asal Inggris Tewas karena Virus Corona

ACEHSATU.COM | TOKYO – Seorang pria warga negara Inggris, yang merupakan penumpang kapal pesiar Diamond Princess meninggal dunia. Pria yang dikonfirmasi positif virus corona itu meninggal saat dikarantina di dekat Tokyo, Jepang.

Dilansir AFP, Kementerian Jepang mengkonfirmasi kewarganegaraan dan kematian pria tersebut pada Jumat (28/2/2020). Namun, mereka tidak memberikan detail tentang identitas pria tersebut.

Pria WN Inggris itu merupakan orang asing pertama yang meninggal karena virus corona setelah menghabiskan waktu di atas Kapal Diamond Princess. Lima warga negara Jepang lainnya di kapal itu telah meninggal dan lebih dari 700 lainnya dinyatakan positif menderita penyakit itu.

Kematian itu terjadi ketika Gubernur pulau utara Jepang, Hokkaido, mendesak orang untuk tinggal di rumah akhir pekan ini dalam upaya untuk menahan penyebaran virus coronavirus.

Gubernur Naomichi Suzuki mengeluarkan seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sebuah pertemuan eksekutif pemerintah yang disiarkan di televisi yang meminta penduduk setempat untuk ‘tidak keluar selama akhir pekan’ untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, menyatakan pemerintahannya akan meminta seluruh sekolah di negara tersebut untuk meliburkan kegiatan belajar-mengajar demi mencegah penyebaran virus corona. Seluruh sekolah di Jepang akan diliburkan mulai 2 Maret mendatang.

“Pemerintah mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan anak-anak di atas segala,” ujar PM Abe dalam rapat satuan tugas pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona atau Covid-19, seperti dilansir Reuters, Kamis (27/2). (*)

Komentar

Indeks Berita