Satpol PP/WH Gerbek Rumah Penjual Tuak

Satpol PP/WH Gerbek Rumah Penjual Tuak

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Aparat Satpol PP/WH Aceh Tamiang menggrebek satu unit rumah di duga menjual tuak ( minuman yang terbuat dari air aren yang  mengandung alkohol) di salah satu rumah di Dusun Lembah Jaya, Kampong Krueng Sikajang,  Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang,  Kamis (2/7/2020) sore

Dari penggrebekan tersebut petugas Satpol PP/WH mengamankan tersangka pemilik tuak inisial, Zb (42) warga Dusun Lembah Jaya, Desa Krueng Sikajang dan menyita barang bukti (BB), tuak sebanyak 10 liter, ember, ceret dan jerigen kosong.

Kadis Satpol PP/WH Aceh Tamiang, Asmai melalui Kabid Penegakan Syariat Islam Satpol PP dan WH Aceh Tamiang, Syahrir Pua Lapu kepada Acehsatu.com, Jumat (3/7/2020) mengatakan, diamankannya pemilik dan BB tuak berkat informasi warga yang resah dengan aktifitas jual beli minuman tuak di salah satu rumah di Dusun Lembah Jaya, Desa Krueng Sikajang, Kecamatan Manyak Payed.

Mendapatkan informasi tersebut, unit intel Satpol PP/WH Aceh Tamiang melakukan kordinasi dengan Kabid Penegakan Syaraiat Islam dan pihaknya sebut Syahrir, segera menindak lanjuti laporan tersebut dengan menurunkan petugas patroli WH ke lokasi yang dimaksud .

“Kita langsung mengamankan pemilik tuak dan dari keterangan Zb, tuak tersebut di tempatkan dalam gudang yang berada dibelakang rumah,” ujar Syahrir.

Setelah dibuka gudang, petugas menemukan 10 liter tuak yang merupakan sisa tuak yang dijual mulai siang sampai sore hari, kemudian jerigen kosong yang digunakan untuk melansir air nira dari ladang ke rumah sebelum di racik jadi tuak, ceret untuk takaran  menjual tuak dan ember kosong.

“Kepada penyidik pelaku mengaku, membuat dan menjual sendiri tuak tersebut,” jelas Syahri.

Pihaknya sebut Syahrir lagi, tidak menemukan pembeli saat penggrebekan tersebut namun pemilik tuak mengaku, sebelumnya sudah menjual tuak dari siang hingga sore hari. Kini  pemilik dan Bb tuak tersebut diamankan di Markas Satpol PP/WH Aceh Tamiang untuk mempertangungjawabkan perbuatannya (*)