Santri Magetan Positif Covid-19, Puskesmas Rantau Ditutup, Begini Ceritanya

Santri Magetan Positif Covid-19, Puskesmas Rantau Ditutup, Begini Ceritanya

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Puskesmas Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang terpaksa ditutup sementara pasca AJ positif terpapar virus covid-19 atau virus corona. AJ sendiri pernah berobat dan mengambil surat rujukan ke Puskesmas Rantau sekitar (22/4/2020) lalu.

AJ merupakan santri asal Tamiang tepatnya warga Kampung Alur cucur, Kecamatan Rantau yang menempuh pendidikan di salah satu pasantren di Magetan, Jawa Timur dan baru pulang ke Aceh Tamiang pada pertengahan April lalu.

Kadis Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis kepada Acehsatu.com, Sabtu (2/4/2020) mengatakan, ia telah memanggil kepala Puskesmas Rantau dan menginstruksikan kepada tenaga medis yang menangani AJ, pasien positif covid-19, agar mengisolasi diri secara mandiri karena dikhawatirkan para tenaga medis ini terpapar langsung virus covid-19 ini.

“Sebelum keluar hasil swab, santri AJ pernah mengambil surat rujukan di Puskesmas Rantau, sehingga tindakan pemeriksaan terhadap para tenaga medis di Puskesmas tersebut perlu dilakukan dengan menggunakan alat rapid test terlebih dahulu,” ujarnya.

Ada sekitar 35 petugas Puskesmas yang akan dilakukan rapid tes, mereka secara langsung berinteraksi dengan pasien ketika itu, saat ini kita tengah menunggu alat tambahan rapid tes dari provinsi dan petugas provinsi sendiri yang akan melakukan tes swap tenggorokan langsung, lanjut Kadis.

Sedangkan untuk penanganan keluarga inti dari PDP positif covid-19 ini, sudah dilakukan rapid tes dengan hasil tidak reaktif, namun pihaknya juga akan melakukan tes kepada keluarga disekitarnya juga,” demiki Ibnu Azis.(*)