Santri IJ Klaster Magetan Ini Sembuh, Sudah Dua Santri Negatif Covid-19

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Setelah menjalani perawatan terpusat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh dan mendapatkan penanganan dari Tim medis Rumah Sakit, akhirnya hasil rekap uji laboratorium terhadap sampel swab PDP 06 inisial IJ (16) jenis kelamin laki-laki merupakan warga dari Kecamatan Rantau telah di perolah Dinas Kesehatan Aceh Tamiang.

“Informasi yang disampaikan tersebut PDP 06 terkonfirmasi positif Covid-19 pada sampel swab pertama yang di ambil di RSUD Aceh Tamiang  tanggal 23 April lalu dan hari ini dinyatakan sembuh atau sudah negatif dari covid-19,” ujar Tim Informasi Covid-19 Aceh tamiang,  dr Hardekky. Senin (04/05/20) pukul 22.00 Wib.

Lanjut dr. Hardekky informasi resmi ini disampaikan Badan Penelitan dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh terhadap uji sampel swab lab PDP IJ yang dilakukan sebanyak dua kali yang diambil di RSUDZA dengan hasil kedua sampel swab terkonfirmasi negatif Covid-19 dan dinyatakan sembuh.

“Kasus PDP 06 santri IJ, sama dengan kasus rekannya PDP, 04 MAH yang juga terkonfirmasi positif covid-19 dan telah sembuh, sedangkan hasil swab terkonfirmasi positif adalah sampel swab pertama yang di ambil di Aceh Tamiang pada 23 April “, ujar Hardekky.

Lanjutnya, saat ini IJ yang dinyatakan sembuh sedang dalam proses penjemputan pulang oleh Tim Dinas Kesehatan Aceh Tamiang. IJ sebelumnya dirujuk ke RSUDZA bersama dengan rekan-rekan lainnya yang sudah duluan terkonfirmasi positif pasien 01, AJ dan positif 02 MAH dan positif 03 MF pada 24 April 2020 lalu dan semuanya memiliki riwayat perjalanan dari Magetan, Jawa Timur.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh atau negatif covid-19, pasien PDP harus tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan selama masa pandemi dan berdo’a adalah kunci utama mencegah sebaran Covid-19 meluas di Bumi Muda Sedia  dan tidak terulang kembali terkonfirmasi positif.

Jaga Kesehatan

Pemkab Aceh Tamiang tak jemu- jemu menghimbau masyarakat Aceh Tamiang untuk selalu menjaga kesehatan, tingkatkan imunitas tubuh agar segala macam bakteri dan virus tidak mudah mengganggu kesehatan kita.

Dan kepada masyarakat sekitar pemukiman pasien agar dapat memberikan dukungan moril serta semangat kepada pasien serta keluarga selama menjalani masa isolasi mandiri dirumah, tambah devi.

Sampai dengan malam ini, jumlah data sebaran di Aceh Tamiang terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 5 orang, Orang Selesai Pemantauan 89 orang, PDP di rawat/dirujuk tidak ada, PDP yang telah pulang dan sehat 3 orang, PDP terkonfirmasi positif covid-19 dirawat 2 orang dan PDP terkonfirmasi positif sembuh 2 orang. (*)