Salurkan BLT, Camat Minta Warga Berbelanja di Kedai Kampung, Ini Alasannya

Salurkan BLT, Camat Minta Warga Berbelanja di Kedai Kampung, Ini Alasannya

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Camat Bandar Pusaka meminta penerima Bantuan langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa agar membelanjakan kebutuhan keluarga di kedai kampung masing-masing, ini dilakukan agar roda perekonomian berputar di kecamatan.

Permintaan ini disampaikan Camat Bandar Pusaka, Drs Abdul Muthalib, saat menyalurkan BLT 58 keluarga di Kampung Batang Ara, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang.

Penyerahan bantuan tahap pertama sebesar Rp 600 ribu untuk setiap keluarga dilakukan di Aula Kantor Datok Penghulu Kampung. Minggu (7/6/2020)

Pada kesempatan tersebut, Abdul Muthalib berpesan kepada penerima BLT, agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan sehari-hari. “Saya berharap bahwa bantuan ini bukan digunakan untuk foya-foya, tidak untuk jalan-jalan, tapi dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya .

“Manfaatkan uang tersebut sebaik mungkin, demi kelangsungan menunjang keperluan menghadapi musibah Covid-19 ini,” tambah camat

Camat juga meminta, agar uang BLT dibelanjakan di kedai kampung masing-masing, jika barang yang dicari tidak tersedia, belanjakan di desa tetangga dalam satu kecamatan juga.

Ini dilakukan agar roda perekonomian tetap bergerak, sehingga masyarakat yang tidak menerima BLT juga dapat merasakan manfaatnya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan warga agar menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan tetap menjaga pola hidup sehat, jaga kebersihan rajin cuci tangan, jangan panik dan pakai masker bila sedang beraktifitas.

Sementara Datok Penghulu Kampung Batang Ara, Safi’i menjelaskan, sasaran penerima BLT merupakan keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan bantuan program pemerintah, masyarakat miskin yang belum terdata, hilang mata pencaharian akibat dampak Covid-19, sakit menahun atau sakit kronis.

Sedangkan nama-nama penerima BLT meruypakan hasil musyawarah khusus yang kami laksanakan bersama tim relawan, perangkat kampung dan MDSK.

“Dengan di kuncurkannya bantuan ini, semoga masyarakat Kampung Batang Ara  ini, dapat terbantu akibat dampak Covid-19 ini,”pungkas Datok.(Putra /TS)