Salat Jumat Bersama Pengungsi Rohingya, Khatib Ini Terharu

  1. Salat Jumat Bersama Pengungsi Rohingya, Khatib ini Terharu

ACEHSATU.COM [ LHOKSEUMAWE – Khatib khutbah jumat, Muhammad Sadam Husen pada salat jumat pengungsi Rohingya di penampungan bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe mengaku terharu saat menyampaikan isi khutbah mengingat nasib umat muslim rohingya yang mengalami kekerasan di negaranya sehingga harus “esksodus” ke nagara lain termasuk ke Aceh Indonesia.

Ini merupakan Salat Jumat perdana pengungsi rohingya, pasca mereka diterima warga Aceh dan ditempatkan di penampungan sementara dengan imam salat, Naufal Zuhdi dari santri Misbahul Ulum Paloh dan Khatib Muhamamd Sadam Husen juga dari Dayah Misbahul Ulum Paloh.

Keduanya menjadi imam dan khatib untuk pengungsi “manusia perahu” ini setelah  pihak rumah zakat menghubungi Saddam Husen meminta menjadi khatib di penampungan pengungsi tersebut

Saddam Husen kepada wartawan, Jumat (3/7/2020) mengatakan, isi khutbah jumat yang disampaikan kepada jamaah pengungsi rohingnya tersebut berupa pesan moral kesabaran yang iya contohkan kepada Nabi Aiyub yang sabar atas ujian yang diberikan Allah SWT atas dirinya.

Khutbah tersebut disampaikan dalam Bahasa Indonesia mengingat ada beberapa orang rohingya yang  memahami Bahasa Malaysia dan Bahasa Indonesia.

“Ini  pengalaman perdana dirinya menjadi khatib untuk imigram Rohingya,” ujarnya

Saddam mengaku khutbah Jumat kali ini ia mengaku sedih mengingat apa yang dialami sesama umat muslim di dunia yakni muslim  rohingya. Ia berharap agar penderitaan umat muslim rohingya segera berakhir dan hidup aman dan tentram seperti umat muslim Indonesia.(*)