Saat Ditanya soal Makhluk Gaib yang Bantu Pindahkan Rumah, Ini Kata Pria di Ngawi

ACEHSATU.COM – Giman (47) mengaku  memindahkan rumahnya seorang diri dalam semalam. Namun saat ditanya apakah ada makhluk gaib yang membantunya, ia berupaya menjawabnya dengan merendah.

“Kita dibantu, orang banyak di otak. Saya tidak mau dibilang orang pinter. Tapi nyatanya seperti itu,” ujar Giman, seperti dilansir detikcom, Kamis (9/7/2020).

Pemindahan rumah selama 1,5 jam itu dilakukan dengan cara yang ia sebut imajinasi pikiran. Atau berimajinasi bahwa ada banyak orang yang membantu dirinya.

Giman (47) merupakan warga Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Ngawi. Rumah yang ia pindahkan merupakan jenis rumah adat Jawa, yang terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting. Rumah itu berukuran 10 x 12 meter.

Oleh Giman, rumah itu digeser 60 sentimeter ke depan dan dinaikkan sekitar 1,3 meter dari pondasi lama. “Aku jelasin cara naiknya (tinggikan dan geser rumah), boten nalar (tidak masuk akal),” imbuh Giman.

Ia juga mengakui, banyak yang tidak percaya atau terheran-heran dengan apa yang dia lakukan. Namun kepada detikcom, Giman hanya bercerita bahwa ia berimajinasi, seolah-olah ada banyak orang yang membantunya mengangkat tiang-tiang rumah tersebut.

“Jadi misalnya begini, rumah itu aku jelasin cara naiknya nggak paham dan gak sampai, pasti nggak nyampe,” paparnya.

“Misalnya saya naikkan dengan begini (meditasi) mungkin Bapak tanggapannya nggak mungkin. Tapi memang kenyataannya posisi bisa seperti itu. Jadi, kan dengan pikiran makanya. Pakai pikiran gitu aja,” lanjutnya.

Normalnya, menurut Giman, untuk memindahkan rumah kampung biasanya butuh bantuan warga satu RT. Itu sebabnya, apa yang ia lakukan menjadi perhatian dan mengingatkan pada dongeng Roro Jonggrang. Seperti yang disampaikan kepala Dusun/Desa Mengger, Sudadi.

“Seperti kisah Roro Jonggrang ini,” pungkas Sudadi. (*)