Rumah Ziarah Makam Datu Pining Terbaka

`Pristiwa kebakaran tersebut awalnya di lihat oleh pemuda Pasir putih dan melihat Rumah yang berkontuksi kayu tersebut terbakar

ACEHSATU.COM | Blangkejeren – Tempat ziaran makam datu Pining, yang beralamat di Dusun Benteng, Kampung Pining, Kecamatan Pining, Gayo lues. terbakar tepatnya Pada minggu malam dini hari tadi pukul 3 : 00 WIB.

Pristiwa kebakaran tersebut awalnya di lihat oleh pemuda Pasir putih dan melihat Rumah yang berkontuksi kayu tersebut terbakar

kemudian membangunkan warga yang terlalap tidur dan tak lama warga ramai ramai ikut membantu memadamkan api dengan alat seadanya ungkap Muhammad Aman Bahtiar pada media ini senin 28 Maret 2022.

Api bisa di jinakan dengan alat seadanya dan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut namun kerugian di di tafsirkan nencapai ratusan juta rupiah.

Kejadian kebakaran tersebut di benarkan oleh Pengulu Pining Abdul Wahab, benar telah terjadi kebakaran di Pining hari tadi sebutnya. Sebuah makam datu Pining.

Dan kami masyarakat dan pemuda telah gotong royong membersihkan puing puing kebakaran tersebut dan terkait hal ini telah di sampaikan kepada Muspika sebutnya.

Sebagimana diketahui makam datu Pining merupakan leluhur dari orang pining yang mereka yakin orang keramat.

Selain masyarakat setempat melalukan ziarah ketempat tersebut juga sering penjiarah berdatangan dari luar daerah seperti Gayo lues, Lukup serba jadi dan takengon Aceh Tengah. Benermeriah dan Kota cane.