Laporan Khalidin Affan

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Generasi Islam khususnya di Aceh diharapkan tidak hanya sebatas memeluk beragama Islam, tapi harus melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhkan larangan-Nya.

“Jika hanya sebatas islam di KTP, tapi tidak melaksanakan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW, maka Islam dan imam seseorang itu berada diambang kehancuran,” kata Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky dalam tausiah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Al-Ikhlas Gampong Tanoh Anoe, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (22/2/2017).

Oleh karenanya, kata Rocky, kedepan generasi Islam harus menyempurnakan Islam dan iman diri sendiri melalui pengajian di majelis taklim, apalagi menuntut ilmu pengatahuan merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimat. “Dengan ilmu hidup umat islam akan terarah,” katanya.

Selaku Kepala Daerah (KDh) di Aceh Timur, Rocky meminta aparatur desa termasuk imam desa agar tidak pernah bosan mengajak masyarakat khususnya umat Islam senantisa mengabdi dan berbakti kepada-Nya.

“Tapi untuk sempurna pengabdian kita kepada ilahi maka yang dibutuhkan adalah ilmu, sehingga mengwajibkan bagi kita hamba Allah untuk menuntut ilmu,” ujarnya seraya mengutib sepotong hadis yang artinya, menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimat.

Rocky juga mengingatkan, setiap muslim harus mengutamakan keselamatan imannya sendiri. “Keimanan inilah yang perlu dijaga dan diselamatkan, hidup kita hamba sempurna dan diakhirat kelak kita mendapat ridha-Nya,” harap Rocky seraya mengharapkan, umat Islam terus melaksanakan ibadah sesuai kewajiban.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, pihaknya akan menjadikan dayah tersebut sebagai sekolah umum terpadu, mulai jenjang SD, SMP hingga SMA. “Kita akan bangun sekolah terpadu dan setiap siswa/i diwajibkan memondok disini. Artinya, sekolah terpadu disini akan dipadu dengan kurikulum dayah, sehingga kitab kuning akan menjadi rujukan para siswa disaat malam hari,” ujar Rocky.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain, Sekda Aceh Timur M Ikhsan Ahyat, S STP, M.AP, ulama kharismatik Aceh Tgk H Abdul Wahab (Abu Keude Dua), Tgk H M Djafar (Abi Lhoknibong), Tgk Zulkarnaini, Tgk H Burhanuddin, Tgk H M Nur, Tgk Nawawi dan Tgk Azhar Idi serta ratusan jamaah majelis taklim.