Ribut-ribut Warga China di RSUD Peureulak, Berikut Penjelasan Lengkap Direktur Rumah Sakit

Ribut-ribut Warga China di RSUD Peureulak, Berikut Penjelasan Lengkap Direktur RS Peureulak

ACEHSATU.COM | PEUREULAK – Misi sejumlah orang asal Kota Medan mendatangi Rumah Sakit (RS) Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak berakhir dengan penolakan.

Sejumlah orang warga keturunan Cina yang belakangan diketahui merupakan perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi.

Mereka datang ke RS Sultan Abdul Aziz Syah Peurelak dengan membawa misi menyerahkan obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APD). Namun kedatangan mereka terpaksa ditolak karena alasan melanggar sejumlah ketentuan protokol kesehatan yang diterapkan selama pandemi Covid-19.

Informasi penolakan warga keturunan asal Kota Medan ini pun begitu cepat menyebar di jejaring medsos, sejak Rabu (10/6/2020) pagi. Banyak pihak memprotes dan mempertanyakan motif serta kepentingan mereka yang tiba-tiba hadir di Peureulak.

Ternyata, kehadiran perwakilan Buddha Tzu Chi untuk menyerahkan APD ditolak karena tidak dilengkapi dokumen kesehatan dan tidak disertai pula pendamping khusus.

Direktur RS Sultan Abdul Azis Syah Pereulak, Aceh Timur, dr Darma Widya ketika dikonfirmasi Acehsatu.com, Rabu (10/6/2020), membenarkan rumah sakit dipimpinnya kedatangan tamu dari pihak yayasan Buddha Tzu Chi yang ingin membantu APD.

Namun, kata Darma Widya, karena sejumlah hal yang tidak memenuhi prosedur, sehingga pihak rumah sakit membatalkan serah terima APD dari perwakilan Buddha Tzu Chi itu.

Dia menuturkan, kedatangan warga kuturunan asal Medan ke RS Peureulak tidak disertai pendamping dan dokumen kesehatan. Sehingga pembatalan terpaksa dilakukan pihaknya untuk menghindari kesecamasan masyarakat, termasuk petugas dan tenaga kesahatan RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak.

“Karena mereka dari Medan dan mereka tidak melengkapi dokumen kesehatan serta tanpa pendampingan, maka dengan terpaksa kita batalkan kegiatan serah terima bantuan, demi menghindari kecemasan masyarakat dan petugas RS,” ujar dr Darma Widya. (*)

LIHAT VIDEONYA: