Ribut-ribut Gambar Anak Jokowi di Snack Pesawat Garuda, Kini Telah Ditarik

Ribut-ribut snack bergambar ilustrasi Kaesang bermula di media sosial. Dalam foto yang beredar, paket makanan tersebut disajikan dalam penerbangan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.
Wajah Kaesang di Snack Pesawat Garuda

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kaesang Pangarep kembali terserempet polemik. Masalahnya, ilustrasi wajah pengusaha muda itu terpampang pada kemasan makanan ringan atau snack yang disajikan di pesawat Garuda Indonesia.

Snack bergambar putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun kini telah ditarik dari paket makanan yang diedarkan khusus bagi penumpang pesawat Garuda.

Ribut-ribut snack bergambar ilustrasi Kaesang bermula di media sosial. Dalam foto yang beredar, paket makanan tersebut disajikan dalam penerbangan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Salah satu snack yang ada dalam paket makanan itu menggunakan ilustrasi gambar Kaesang Pangarep.

Dilansir dari detik, adanya snack bergambar ilustrasi Kaesang itu pun lantas menjadi polemik.

Dirut Garuda Minta Ditarik

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra pun bertindak cepat menyikapi polemik ini. Irfan langsung meminta agar snack tersebut ditarik.

“Kita lagi minta ditarik dari Garuda,” kata Irfan kepada detikcom, Minggu (16/1/2022).

Irfan juga mengaku telah meminta agar kemasan snack bergambar ilustrasi Kaesang diganti dengan kemasan tanpa gambar.

“Minta TRICKS untuk ganti dengan kemasan polosan. Ganti yang polos,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, penarikan itu dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan.

“Pasti kita hindari (jika ada konflik kepentingan),” kata Irfan.

Snack Bergambar Kaesang Ditarik

Tak lama, snack bergambar Kaesang itu kemudian ditarik dan diganti dengan kemasan standar. Adapun untuk pendistribusian di maskapai, kini akan digunakan produk TRICKS dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

“Kami akan menukar semua produk TRICKS pada Aerofood ACS dengan kemasan standar,” kata CEO Tays Bakers, Alexander Anwar.

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) juga memberikan penjelasan terkait penggunaan ilustrasi Kaesang. TAYS diketahui baru saja meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan TRICKS yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerja sama co-branding dengan PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat).

“Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia,” kata CEO Tays Bakers, Alexander Anwar.

Alexander mengatakan Tays Bakers sebelumnya juga telah telah menjalin kerja sama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir. Tays Bakers menyediakan produk TRICKS kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS.

Gibran Angkat Bicara

Kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, turut menjelaskan. Gibran menyebut masalah itu hanya salah paham belaka. Menurutnya, Kaesang akan memberikan keterangan pers tertulis untuk menanggapi hal itu.

“Itu salah paham. Dia (Kaesang) lagi bikin press release, sudah saya suruh bikin,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (17/1/2022).

Penarikan Dinilai Tepat

Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menilai Dirut Garuda sudah tepat dengan melakukan langkah cepat meredam pro-kontra bungkus snack bergambar ilustrasi Kaesang. Dia menyebut Garuda Indonesia saat ini masih dalam keadaan sulit.

“Kalau soal ramai netizen ya, saya rasa langkah Dirut Garuda untuk meminta pergantian kemasan itu langkah yang bijak supaya mengurangi pro dan kontra. Tapi dugaan saya Tricks ini banyak membantu Garuda dengan memberikan jangka waktu yang panjang, karena kita tahu cash flow Garuda dalam keadaan yang sulit. Seluruh barang di Garuda ditahan,” ujar Andre saat dihubungi, Senin (17/1). (*)