Ribuan Warga Terdampak Banjir di Sejumlah Daerah di Aceh Jaya

Ribuan Warga Terdampak Banjir di Sejumlah Daerah di Aceh Jaya

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Hujan deras yang mengguyur Aceh dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah sungai meluap. Akibatnya, sejumlah daerah di Aceh pun terendam banjir.

“Di Aceh Jaya hujan masih mengguyur dan air belum surut. Ada sejumlah desa yang terendam banjir di sana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (28/7/2020).

Banjir di Aceh Jaya terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.45 WIB setelah hujan mengguyur sejak kemarin. Akibatnya, air sungai meluap sehingga menggenangi 7 desa di Kecamatan Darul Hikmah.

Berdasarkan data BPBA, desa terdampak banjir yaitu Babah Dua (52 Kepala Keluarga (KK)/115 jiwa), Gampong Baro (24 KK/37 jiwa), Lam Teungoh (43 KK/ 83 jiwa), Panton Krueng (27 KK), Ujong Rimba (21 KK/41 jiwa), Paya Santen (10 KK/21 jiwa) dan Masen (51 KK/111 jiwa).

Sunawardi mengatakan, banjir luapan juga terjadi di Kabupaten Aceh Selatan. Banjir di sana merendam empat kecamatan sejak Senin (27/7) sekitar pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan data sementara, ratusan rumah warga terendam akibat meluapnya air sungai dan drainase tersebut. Petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan terhadap warga terdampak.

“Data sementara ada ratusan rumah tergenang banjir dan ribuan warga terdampak di sana. Kita masih terus melakukan pendataan,” jelas Sunawardi.

Saat ini banjir di beberapa lokasi di Aceh Selatan mulai surut. Belum ada laporan ada tidaknya pengungsi akibat banjir tersebut.

Sebelumnya diberitakan, sebagian wilayah di Kabupaten Aceh Jaya kembali dilanda banjir luapan air Sungai Hulu Masen.

Banjir terjadi sebagai imbas hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan itu sejak Senin (27/7/2020).

Akibatnya, ratusan rumah warga di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya dilaporkan tergenang air berwarna coklat dengan ketinggian lebih dari setengah meter.

“Penyebabnya hujan lebat dan luapan sungai hulu masen, dan ini sudah sering sekali terjadi jika hujan tidak reda,” kata Camat Darul Hikmah Nuri Assirri, dikutip dari Antara selasa (28/7/2020).

Selain di Kecamatan Darul Hikmah, banjir juga dilaporkan menggenangi pemukiman warga di dua kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Jaya, yakni Krueng Sabee dan Kecamatan Panga.

Adapun data pemukiman warga di Kecamatan Darul Hikmah yang dilaporkan terendam banjir, yaitu 53 unit rumah di Desa Babah Dua, 43 rumah di Desa Lam Tengoh, 27 rumah di Desa Panton Krueng, 21 rumah di Desa Ujong Rimba, dan 10 rumah di Desa Paya Santeut.

Sedangkan Desa Gampong Baro sebanyak 24 rumah, dan Desa Masen berjumlah 51 rumah.

Meski ketinggian banjir mencapai 60 sentimeter, namun hingga kini belum ada warga yang dilaporkan mengungsi. (*)

LIHAT JUGA: