Ribuan Masyarakat Nagan Raya Sudah Dua Hari Puasa, Pemerintah Tetapkan 3 April 2022 Ramadhan

“Alhamdulillah, hari ini sudah dua hari kami melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini,” kata pemegang amanah keluarga besar Abu Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin
Pemegang amanah Keluarga Besar Abu Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin. (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

ACEHSATU.COM | Nagan Raya – Ribuan Masyarakat Nagan Raya Sudah Dua Hari Puasa, Pemerintah Tetapkan 3 April 2022 Ramadhan.

Ribuan umat muslim pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh hingga kini telah mulai melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadha 1443 Hijriyah.

“Alhamdulillah, hari ini sudah dua hari kami melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini,” kata pemegang amanah keluarga besar Abu Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin kepada ANTARA, Jumat sore.

Ia menjelaskan, dasar pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini didasarkan pada hasil hisab yang dilakukan pada musyawarah para ulama, teungku dayah serta khalifah Thariqat Syattariyah pada tanggal 15 Sya’ban 1443 Hijriyah lalu.

Berdasarkan hasil hisab tersebut, akhirnya ditetapkan jatuhnya bulan puasa Ramadhan 1443 Hijriyah yaitu pada Hari Kamis, Tanggal 31 Maret 2022 lalu.

Meski melaksanakan puasa lebih awal, kata Abu Said Kamaruddin, hal tersebut merupakan hal yang lumrah di masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Mengingat perbedaan pelaksanaan ibadah puasa oleh pengikut Abu Habib Muda Seunagan, seorang ulama kharismatik Aceh, telah terjadi setiap tahun dan hal ini tidak menjadi masalah di masyarakat.

Untuk itu, Abu Said Kamaruddin meminta kepada masyarakat agar tidak menjadikan momentum awal Ramadhan ini sebagai perbedaan, akan tetapi dapat saling menghargai satu sama lain.

“Ramadhan ini momentum kita untuk meningkatkan ibadah, kita juga mendoakan agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir di Tanah Air,” demikian Abu Said Kamaruddin.

1 Ramadan 1443 Hijriah
Menag Yaqut (Foto: dok. YouTube Kemenag)

Sedangkan Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Ketetapan itu disampaikan setelah sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag).

Sidang isbat digelar secara langsung di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2022). Sidang isbat juga diikuti oleh sebagian peserta secara virtual.

“Dengan dua hal tersebut di atas, berdasarkan hisab, posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, akan tetapi belum memenuhi kriteria MABIMS baru, yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat serta laporan rukyatul hilal, secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers, Jumat (1/4/2022).

Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Sidang isbat melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, hingga perwakilan ormas-ormas Islam.

Selain itu, dilibatkan juga perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang sekarang tergabung dalam BRIN, BMKG, serta undangan lainnya. Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI turut diundang