Banda Aceh

Relawan Banda Aceh Peduli Palu Sukses Gelar Malam Donasi  

“Sebagai keberlanjutan, kami dengan terbuka menyambut BAPP turut terlibat dalam gerakan sosial baik menghadapi bencana alam maupun situasi sosial yang butuh tangan ikhlas dan komitmen, selamat atas kinerja BAPP terkhusus malam donasi yang sukses ini,” ungkap Alhudry disambut gemuruh tepuk tangan para panitia dan undangan.

Foto | Muhrain

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Penyerahan simbolik hasil donasi yang berhasil dikumpulkan oleh Relawan Banda Aceh Peduli Palu (BAPP) berhasil dilaksanakan pada Jumat (malam) (5/10/2018) berlangsung di Warung Kande, Batoh.

Selain menghadirkan sesi pelaporan hasil donasi sementara dari pihak relawan BAPP sekaligus menyerahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Aceh senilai Rp10.000.000,-.

Selain itu selama acara digelar, panitia juga membuka sesi donasi, salah seorang undangan turut menyumbangkan sedekah untuk Palu, Cut Nurfitri, SE diterima oleh Safrizal S, (Sekretaris KoPPA) selaku panitia dari unsur kepemudaan, dengan maksud yang sama demi meringankan kesusahan para pengungsi palu.

Rafli selaku salah satu penggagas kegiatan Panggung Amal “Kepedulian Aceh untuk Palu” menyampaikan pula pesannya bahwa wujud kasih sayang dari Aceh kepada Palu tidak dinilai dari besarnya nominal, nilai 1000 Rupiah sekalipun itu bermakna dan bermaksud sama jika diniatkan ikhlas.

Karena bagi Rafli, Anggota DPD RI ini, satu milyar sekalipun tidak akan cukup bagi rekonstruksi Palu, perlu lebih dari itu jika dinilai dampak luar biasa yang dialami Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) akibat bencana gempa dan tsunami.

Koordinator aksi BAPP, Miftahul Ardhi didampingi  Sekretaris Komite Persatuan Pemuda Aceh (KoPPA), menyerahkan secara simbolik donasi yang dikumpulkan oleh para relawan yang tergabung dari beberapa organisasi mahasiswa dan pemuda Banda Aceh kepada Teuku Dadek selaku Kepala BPBA disaksikan oleh Drs Alhudry MM selaku Kadis Sosial Aceh yang turut membuka acara tersebut.

Selain menjadi salah satu perwakilan dari berbagai lembaga sosial dan instansi lainnya di Aceh, para mahasiswa maupun pemuda Aceh yang tergabung dalam BAPP oleh Kadis Sosial Aceh, Alhudry sangat mengapresiasi kinerja komunitas tersebut untuk sama-sama bergerak cepat demi menolong saudara sebangsa yang sedang ditimpa musibah bencana gempa dan tsunami di Palu.

“Saya merasa haru dan mewakili Dinsos mengucapkan terima kasih atas kerjasama luar biasa dari semangat mahasiswa di Aceh khususnya yang tergabung dalam BAPP ini,” ungkap Alhudry membuka kata sambutannya dihadapan undangan antaranya dari perwakilan PKPU, Hamdani Salami, ST, M. Sm, juga perwakilan RAPI.

“Sebagai keberlanjutan, kami dengan terbuka menyambut BAPP turut terlibat dalam gerakan sosial baik menghadapi bencana alam maupun situasi sosial yang butuh tangan ikhlas dan komitmen, selamat atas kinerja BAPP terkhusus malam donasi yang sukses ini,” ungkap Alhudry disambut gemuruh tepuk tangan para panitia dan undangan.

Adapun berbagai lembaga yang turut mendukung secara partisipasi aktif sepekan sejak bencana Palu menginput donasi di berbagai titik persimpangan rambu lalu lintas dan pertokoan maupun posko Banda Aceh lainnya antaranya;

Himpunan Mahasiswa Geografi, Komite Persatuan Pemuda Aceh (KoPPA), Himpunan Mahasiswa Politik, Himpunan Mahasiswa Sejarah, Himpunan Mahasiswa Program Studi Fakultas Syariah dan Hukum, HIMADIPA, HIMAPTIKA, SANTENA, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara, HIMADIKON, Sosiologi Agama Peduli,  Sosiologi Agama Fakultas Usunuddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry.

Selanjutnya Dewan Eksekutif Mahasiswa, HIMABIOS, Himpunan Mahasiswa Islam dan Sanggar Karsa Sabang. Himpunan Mahasiswa Prodi Sejarah Kebudayaan Islam Uin Ar raniry, Hmi Komisariat Adab dan Humaniora, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Saintek.

Penyerahan bantuan berbentuk pakaian jadi melalui pertemuan malam tersebut berhasil terkoordinasi secara baik antara ketua panitia, Azharun dan pihak Dinsos Aceh, dengan kerjasama tersebut sinergitas di antara para relawan dan lembaga formal pemerintah Aceh diharapkan terus berlangsung efektif.

Seusai penyerahan donasi secara simbolik, acara malam Kepedulian Aceh untuk Palu turut menghadirkan perform musik oleh vokalis Rafli Kande yang tampil memukau di sesi kedua, berkolaborasi di lagu kedua bertajuk “Rawa Tripa” bersama penyair Din Saja membacakan sajaknya tentang alam dan lingkungan.

Selain itu menampilkan pula Sanggar Karsa Sabang menampilkan dua lagu serta satu pembacaan puisi yang dimusikalisasi karya WS. Rendra oleh kelima personilnya, Sanggar Karsa Sabang berkesempatan untuk menjadi satu-satunya perwakilan Aceh mengingikuti kompetisi nasional musikalisasi puisi ke negeri Borneo Kalimantan pada bulan Nopember mendatang.

Panggung juga turut menghadirkan Presiden Rex (Hasbi Burman) yang membacakan sajak bertajuk “Untukmu Palu” yang tampil atraktif serta ditutup penampilan Muhammad Rain membawakan kolaborasi baca puisi spontan bertajuk “Derita Palu Derita Aceh” dan gitar akustik bersama Qana gitaris Sanggar Karsa bertajuk “Palu”.

Para panitia yang turut menyukseskan acara antaranya; Koor Aksi Miftahul Ardhi, Ketua Panitia Azharun, Sekretaris Tini Gemasih Gayo,  Bendahara 1 Desi Nur Rahma Dhani, Koor Lapangan Rifky Wahyudi, Mc 1 Desi Ulvia dan Cavita Soraya Dessy, Konsumsi Reca Rossa Arianty, Temper Riski Herwanda, Dekorasi M. Haris, Keamaanan Fahsul Irham, Acara Rizqina Putri, Pub&Dok  Irfan dan Khalil, pembaca Al-Quran dan doa Taufiq. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top