oleh

Refleksi Hari Raya Kurban, Bukan Hanya Sekadar Rutinitas

-Editorial-159 views

ACEHSATU.COM – Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1440 H jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Hari Raya Kurban.

Dalam sejarahnya, kurban merupakan peristiwa perintah Allah Swt kepada Nabi Ibrahim As untuk menyembelih putranya yakni Nabi Ismail as.

Allah menguji keimanan Nabi Ibrahim AS apakah ia lebih cinta kepada Tuhan (Khalik) atau lebih cinta terhadap anaknya (Nabi Ismail AS).

Sungguh berat ujian dan cobaan yang diterima Nabi Ibrahim AS ketika diperintah oleh Tuhan agar siap dan ikhlas mengorbankan yang paling dicintainya di dunia ini.

Putra tercinta yang sudah bertahun-tahun diidam-idamkan kehadirannya.

Namun, keimanan Nabi Ibrahim AS sangatlah kuat, ia tak sedikitpun ragu dalam hal melaksanakan apa yang diperintah oleh Tuhan.

Sehingga buah dari ketaatannya kepada Tuhan, Nabi Ismail AS diselamatkan oleh-Nya.

Jika kita merefleksikan nilai dari peristiwa sejarah kurban.

Perntanyaannya kemudian, sejauh mana tujuan kita berkurban?

Karena seharusnya, ibadah memang bukan sekadar rutinitas belaka.

Nilai kurban tentu sebagai tanda cinta terhadap sesama. Karena dengan itu kita dilatih untuk peka dan peduli kepada sesama.

Kurban juga menumbuh kembangkan spirit pengorbanan untuk berbagi dengan yang lain dalam rangka pembentukan karakter masyarakat dan umat yang beradab.

Misalnya dengan membagikan daging kurban untuk dinikmati orang lain, dengan memprioritaskan kaum fakir miskin yang lebih membutuhkan.

Hal ini tentu harus mengkristal dalam setiap keyakinan muslim di dunia, agar kurban tidak hanya menjadi perayaan semu semata.

Namun momentum itu dijadikan sebagai upaya refleksi kita dalam menjalani hidup ini agar menjadi lebih cinta; cinta kepada Allah sebagai pencipta dan cinta kita terhadap sesama.

Selamat Hari Raya Idul Kurban 1440 H.

Komentar

Indeks Berita