Ratusan Prajurit TNI Kodam IM di BKO ke Papua

Jenderal TNI bintang dua tersebut mengharapkan kepada seluruh prajurit yang ditugaskan ke Papua tetap waspada dan pulang dengan jumlah serta kondisi utuh.
Ini Daftar Lengkap Mutasi Pangkostrad Termasuk Jabatan Strategis Terbaru TNI
Ratusan prajurit TNI dari Yonif Raider Khusus 113 Jaya Sakti mengikuti upacara pelepasan tugas ke Papua di Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh

ACEHSATU.COM | Lhokseumawe – Ratusan prajurit TNI Batalyon Infanteri Raider Khusus 113 Jaya Sakti Kodam Iskandar Muda (Kodam IM) di beragkatkan atau ditugaskan di bawah kendali operasi (BKO) ke Papua selama sembilan bulan.

Upacara pelepasan ratusan prajurit TNI Kodam Iskandar Muda ke Papua tersebut berlangsung di Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Rabu. 

Panglima Kodam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan prajurit yang ditugaskan ke Puauas sebanyak 400 orang. Mereka bertugas mendukung pengamanan di Provinsi Papua. 

“Keberangkatan ratusan prajurit menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592. Mereke bertugas selama sembilan bulan ke depan,” kata Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Baca Juga: Bercita-Cita Menjadi TNI, Hafiz Al-Qur’an 30 Juzz Bertemu Dandim 0104/Aceh Timur

Jenderal TNI bintang dua tersebut mengharapkan kepada seluruh prajurit yang ditugaskan ke Papua tetap waspada dan pulang dengan jumlah serta kondisi utuh.

Sebelumnya, kata Mayjen TNI Mohamad Hasan, para prajurit yang ditugaskan ke Papua tersebut sudah menjalani pelatihan panjang selama setahun terakhir di batalyon. 

“Selanjutnya, prajurit ini akan menjalani latihan khusus yang diberikan selama sebulan penuh yang disesuaikan dengan daerah Papua. Mulai dari pemetaan wilayah, adat istiadat dan sebagainya,” katanya. 

Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan para prajurit diminta untuk melakukan tugas-tugas kewilayahan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. 

“Jajaran juga telah mempersiapkan berbagai macam peralatan dan sarana pendukung untuk melakukan pengamanan lainnya selama bertugas di Papua,” kata Mayjen TNI Mohamad Hasa.

Pekan Lalu KKB Tembak Prajurit TNI AU Satu Terluka, Bandara Ditutup Sementara

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Sabtu (19/2) pagi menembaki anggota Kopasgat/Paskhas TNI AU yang sedang mengamankan aktivitas di bandara Aminggiru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, seorang terluka.

Memang benar ada insiden penembakan hingga menyebabkan seorang prajurit dari Kopasgat TNI AU terluka dan kini dirawat di Puskesmas Ilaga, jelas Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro saat dihubungi dari Jayapura.

Dalam Kejadian tersebut bandara di wilayah tersebut di tutup sementara hingga keadaan kembali normal.