Religi

Rapat Koordinasi dan Seminar HUDA Kota Langsa Angkat Tema Penguatan Aqidah Aswaja

Fungsi ulama adalah sebagai pelita, penerangan bumi dan dakwah menjadi prinsip sekaligus perintah.

Foto | Muhrain

ACEHSATU.COM | LANGSA – Rapat koordinasi (Rakor) Himpunan Ulama Dayah (HUDA) Kota Langsa berlangsung khidmat, Rabu, (22/11/2017) di Aula Hotel Harmoni, Langsa.

Sekaligus seminar bertajuk “Penguatan Aqidah Ahlussunah Waljamaah di Era Globalisasi” menghadirkan pembicara Tgk H Muhammad Yusuf (Ayah Sop).

Turut hadir perwakilan dari Pemko Langsa Drs Abdullah Gade selaku Asisten II Pemko, Ketua DPRK Langsa Burhansyah SH didampingi anggotanya Tgk T Jamaludin Muku  , Ketua MPU Langsa Dr Zulkarnain MA, Ketua HUDA Langsa Tgk Ridwan Gapi S Ag,

Hadir pula Kapolres Langsa AKBP Setya Yudha Prakarsa SIK, Danramil 29 Langsa Barat Lettu Inf Sukamto. Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Langsa Bustami SH MH, Ketua KNPI Langsa Zulfan SH MH, seluruh unsur Pengurus Dayah se-Kota Langsa juga Staf Kesbangpol Kota Langsa.

Acara turut dihadiri sekitar 100 (seratus) peserta, berlangsung sejak pukul 08:30 WIB s.d. rehat pada pukul 10:00 WIB, diselangi coffe break dan dilanjutkan usai salat Zuhur dengan agenda seminar ulama terkait penguatan aqidah Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) secara interaktif.

Terselenggaranya Rakor dan seminar ulama HUDA Kota Langsa  sebagai wujud kerjasama antara pengurus HUDA Kota Langsa dengan Pemko Langsa.

Turut pula menyiapkan rekomendasi Huda sebagai hasil rapat koordinasi yang cukup signifikan dalam mencapai tujuan organisasi agama Islam tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan pula sebagai penguatan Aqidah Ahlusunnah Waljamaah yang bertauhid Imam Asy’ari dan Maturidi I’tiqadan dan Mazhab Imam Syafii Ibadatan,” ungkap Tgk H Ridwan Gapi selaku ketua HUDA Kota Langsa.

“HUDA Kota Langsa selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan MPU Kota Langsa dalam hal memberi masukkan kepada Pemko terhadap isu-isu aktual baik aspek keagamaan, sosial maupun budaya,” ujar Tgk Ridwan Gapi.

Perwakilan Pemko Langsa, Drs Abdullah Gade menyampaikan dalam sesi pembukaan dan sambutannya bahwa pertemuan sepatutnya mampu merumuskan langkah terbaik mendorong peran optimal Lembaga HUDA Kota Langsa bagi masyarakat Kota Langsa.

Tgk T Jamaludin Muku selaku DPRK Langsa memaparkan pula dalam kesempatan tersebut bahwa HUDA membutuhkan aparatur yang cerdas, komunikatif, teliti, tajam dalam menganalisa serta luwes dalam membangun Islam di Aceh.

Perlunya HUDA terus didorong saling bertukar informasi, mempelajari hal-hal baru, serta kritis dalam melihat dinamika yang terjadi di masyarakat.

Ketua MPU Kota Langsa Dr Zulkarnain MA menyampaikan gambaran dalam sambutannya yang tampak kian menarik disimak seluruh peserta.

“Fungsi ulama adalah sebagai pelita, penerangan bumi dan dakwah menjadi prinsip sekaligus perintah,” ungkapnya.

Selain itu, Dr Zulkarnain MA memaparkan beberapa tantangan para ulama di masa depan, antaranya; sekarang telah ada 2 (dua) agama baru yang kian bertambah pengikutnya dengan cepat yaitu agama persaudaraan dan agama jalan masa depan dengan modal 500 Milyar menyasar pengikutnya dari pecinta teknologi.

Munculnya penyesatan agama ini bagian dari liberalisasi, berikut munculnya para nabi palsu.

Oleh sebab itulah masyarakat Aceh serta ulama harus menuntaskan permasalahan penggerusan aqidah Islam dengan antara lain yang pokok adalah penguatan aqidah Ahlussunnah  Waljamaah di manapun mereka berada.

“Permasalahan pendangkalan aqidah ini harus sesegara mungkin diatasi, caranya adalah mengidentifikasi secara komprehensif berbagai sisi yang harus dituntaskan demi persatuan dan kesatuan umat Islam yang ada di berbagai wilayah Indonesia khususnya di Provinsi Aceh,” anjur ketua MPU Kota Langsa tersebut.

Pendalaman ilmu dalam Islam melalui bentuk diskusi atau seminar sangat penting untuk menggali hal-hal baru guna menelaah situasi yang berkembang di masyarakat merupakan aktivitas yang harus dijalankan para anggota pengurus HUDA Kota Langsa. (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top