Bisnis

Rahasia Dibalik Pagar Bengkel Ketok Magic, Beneran Pakai Ghaib?

Rumor Ketok Magic pakai dukun memang wajar, karena mereka memang tertutup sekali.

Tak jarang kendaraan yang sudah masuk bengkel ketok magic dalam kondisi body penyok atau rusak, kemudian bisa keluar dalam kondisi prima seperti kondisi baru dan mulus

ACEHSATU.COM Bengkel Ketok Magic, mungkin sudah melegenda di Tanah Air. Bahkan, sampai sekarng pun eksistensinya masih ada.

Selain cepat dan harganya terjangkau, perbaikan bodi mobil ke bengkel Ketok Magic kerap jadi pilihan. Hasilnya juga gak mengecewakan.

Pengerjaan di bengkel Ketok Magic biasanya lebih cepat, bodi penyok ringan bisa normal hanya dalam waktu satu jam di luar pengecatan ulang.

Berbeda dengan bengkel body repair lainnya, Ketok Magic memiliki satu ciri khusus, yakni pintunya selalu tertutup saat mekanik melakukan pekerjaan.

“Itu sudah ciri khas. Awalnya dilakukan agar fokus tanpa gangguna, juga supaya cara pengerjaannya gak ditiru bengkel lain,” ujar salah satu pemilik bengkel Ketok Magic di Depok.

Baik pengerjaan, sampai peralatannya memang khusus untuk body repair dan berbeda dengan yang ada pada fasilitas bengkel resmi.

Kalau bodi mobil penyok tapi cat enggak rusak, dikerjakan di sini akan balik normal, tanpa pengecatan ulang.

Meski memakai kata ‘Magic’ yang sering dikaitkan dengan unsur gaib, namun bengkel Ketok Magic tidak menggunakan ilmu sihir, santet atau sejenisnya. Bengkel ini murni mengandalkan kepiawaian mekanik.

“Kalau pakai magis atau ilmu hitam mah ngapain saya buka bengkel puluhan tahun. ” tuturnya.

Rumor Ketok Magic pakai dukun memang wajar, karena mereka memang tertutup sekali.

Tak jarang kendaraan yang sudah masuk bengkel ketok magic dalam kondisi body penyok atau rusak, kemudian bisa keluar dalam kondisi prima seperti kondisi baru dan mulus.

Awal Mula Disebut ‘Ketok Magic’

Sejarah Ketok Magic dimulai pada era 1980an, mengandalkan teknik yang kala itu dinamakan Ketuk Teter.

Karena terasa terlalu lokal, nama ketuk teter kemudian disesuaikan menjadi ketok magic.

Adalah mbah Tutur yang memulai trend ketok magic pada tahun 1962, dan saat itu masih berdomisili di sekitaran Surabaya dan beroperasi di kota tersebut.

Di usia 90-an tahun, mbah Tutur menurut banyak sumber dimintai untuk mereparasi sebuah mobil. Namun mbah Tutur meminta ditinggal dan tidak dilihat dalam sebuah bilik ketika mengerjakannya.

Tidak ada unsur ghaib sama sekali. Para mekanik menggunakan satu set alat dalam kotak yang disebut kenteng teter untuk menghaluskan body yang penyok tersebut.

Sehingga para mekanik bengkel ketok magic menggunakan alat yang relatif sederhana seperti palu, lempeng logam, pemanas body dan semacamnya untuk memperbaiki penyok mobil.

Mulai Kalah Bersaing dengan Bengkel Body Repair Umum dan Pabrikan

Namun kini, dengan semakin banyaknya bengkel body repair, baik yang umum, kepunyaan asuransi, sampai pabrikan resmi, membuat minat masyarakat memperbaiki mobilnya di Ketok Magic jadi berkurang.

“Di Jakarta sudah mulai berkurang. Banyak pindah ke daerah. Di Jakarta sekarang banyak body repair umum maupun resmi dari pabrikan,” tambahnya.

Padahal secara kualitas pekerjaan dan hasilnya, bengkel Ketok Magic gak kalah dengan bengkel body repair lainnya.

“Bengkel besar biasanya punya oven, kami tidak. Tapi, hasil akhir bisa dibandingkan sendiri,” tutupnya. (*)

 

Sumber uzone.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top