Putra Aceh Jabat Pj Gubernur Kalsel

Gubernur Kalsel dan Wakil gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan telah berakhir masa jabatannya pada 12 Februari 2021.
Putra Aceh Jabat Pj Gubernur Kalsel
Dr Drs Safrizal ZA MSi. Foto Net

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Putra Aceh jabat Pj Gubernur Kalsel jadi berita trending hari ini.

Dr Drs Safrizal ZA MSi yang saat ini menjabat Dirjen Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kementerian Dalam negeri (Kemendagri, Senin (15/2/2021) dilantik sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Gubernur Kalsel dan Wakil gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan telah berakhir masa jabatannya pada 12 Februari 2021.

Menteri Dalam Negeri kemudian menunjuk Plt Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar sebagai Plh Gubernur Kalsel.

Selanjutnya Mendagri  mengangkat  Safrizal ZA, Dirjen Bina Adwil Kemendagri sebagai Pj Gubernur Kalsel  sampai terpilih gubernur definitif.

Pelantikan secara virtual dari Kantor Kemendagri Jakarta digelar Senin (15/2/2021) siang.

Putra Aceh Jabat Pj Gubernur Kalsel
Dr Drs Safrizal ZA MSi. Foto Net

“Seperti kita ketahui, gubernur Kalsel telah mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 12 Februari lalu. Kemudian dilanjutkan pelaksana harian yang merupakan Plt Sekdaprov Kalsel,” kata Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya.

Penunjukan penjabat ini kata Tito, tertunda dengan adanya tanggal libur perayaan Imlek dan akhir pekan. Sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini.

“Percepatan penunjukan oleh Mendagri karena proses Pilkada untuk Kalsel masih dalam proses di Mahkamah Konstitusi. Kemudian situasi daerah di Kalsel mengalami bencana banjir,” lanjutnya.

Mendagri menunjuk Safrizal sampai proses pilkada Kalsel selesai dan memiliki pejabat definitif. Sebab, kondisi Kalsel yang mengalami banjir memerlukan upaya percepatan mitigasi pasca bencana.

”Karena itulah salah satu faktor penunjukan untuk menjadi penjabat gubernur Kalsel hari ini. Untuk mempercepat mitigasi bencana, korban dibantu secara materiil dan moril,” imbuhnya.

Tito berharap Safrizal mampu mendukung proses demokrasi di Kalsel. Sebab, tahapan pilkada sudah memasuki tahap akhir di Mahkamah Konstitusi.

” Kita tunggu dan hormati keputusannya,” paparnya.

Safrizal adalah Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil).

Dr Drs Safrizal ZA MSi lahir di Aceh dan menamatkan SMAN 3 Banda Aceh dan kemudian melanjutkan ke IPDN. Ia dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada  27 Juli 2020 silam. (*)