oleh

Pulau Dua, Maladewa Aceh di Bakongan Timur

-Destinasi-313 views

Laporan Maiful Hari

ACEHSATU.COM — Kabupaten Aceh Selatan dapat kita katakan sebagai surganya keberagaman, bagaimana tidak, di kabupaten yang terkenal sebagai negeri pala ini dihuni oleh 3 suku, yakni suku Aceh, suku Kluet dan suku Aneuk Jame yang hidup rukun dan saling berdampingan.yang tentunya dari tiap suku tersebut memiliki adat dan budaya masing –masing.

Sehingga menambah corak keberagaman di Aceh Selatan.

Kabupaten yang terdiri dari 18 kecamatan ini yang dari ujung baratnya terdapat kecamatan Labuhan Haji Barat dan ujung timurnya terdapat kecamatan Trumon Timur.

Di setiap kecamatan dalam kabupaten Aceh Selatan tentunya memiliki destinasi wisata unggulannya.

Kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten Aceh Selatan, Pulau Dua namanya, Pulau Dua berada di Kecamatan Bakongan Timur Aceh selatan, yang sekitar 45 km dari Kota Tapaktuan.

Diberikan nama Pulau Dua karena posisi pulau berada berdekatan dengan bentuk yang sama. Menurut legenda yang sudah mendarah daging di masyarakat.

BACA: Pesona Sungai Peudada Terawat dengan Aksi Heroik Kelompok Batee Lhee

Pulau Dua ini ada dikarenakan ada seekor naga yang lari dari kejaran tuan tapa, lalu naga tersebut menabrak sebuah pulau dan tiba – tiba pulau yang tadinya berupa satu kesatuan terbelah menjadi dua.

Maka dinamakan dengan pulau dua oleh penduduk setempat.

Jika kita hendak pergi menuju ke Pulau Dua, maka kita dapat menyewa boat atau perahu nelayan di sekitar pulau dua tersebut, yakni di Desa Ujong Pulo Cut dan Desa Ujong Pulo Rayeuk. Lamanya waktu perjalanan dari Desa Ujong Pulo Rayeuk dan Ujong Pulo Cut sekitar 20 menit.

Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pulau dua membawa perlengkapan memancing dan perlengkapan untuk berkemah.

BACA: Ayo Viralkan Pulo Aceh Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan disuguhkan dengan suasana pantai dan pulau eksotis yang tidak kalah dengan kepulauan Maladewa.

Hamparan batu karang yang semakin memperkuat keindahan pulau dua nan eksotis itu.

Fasilitas penunjang didalam pulau pun sudah sangat cukup memadai, yakni terdapat beberapa tempat peristirahatan yang permanen dan terdapat sumur yang dapat dimanfaatkan airnya untuk keperluan memasak, dikarenakan wisatawan yang pergi ke pulau dua lebih banyak berkemah sambil memancing ikan disana.

Jika objek wisata pulau dua ini dikembangkan dengan serius oleh pemerintah kabupaten Aceh Selatan, dengan menggencarkan promosi dan baik itu menambah sarana pengangkutan transportasi para wisatawan ke Pulau Dua.

Maka tidak akan menutup kemungkinan pulau dua ini akan menjadi salah satu amunisi tambahan untuk menjadi pemasukan penghasilan asli daerah (PAD) Kabupaten Aceh Selatan. (*)

Komentar

Indeks Berita