oleh

Puasa Bulan Silaturahmi

-Indeks-50 views

Laporan: Chandra Winanda

ACEHSATU.COM – Bulan Puasa menjadi ajang silaturahmi dari berbagai Alumni Sekolah, Mahasiswa, Paguyuban, Instansi, Komunitas dan ragam Organisasi Masyarakat (Ormas) lainnya, bagi mereka yang menyambut bulan tersebut.

Hal ini bisa kita lihat langsung, hampir semua warung dan cafe yang ada di Aceh setiap harinya di bulan puasa penuh dengan acara buka bersama.

Yang harus diketahui bahwa, tempat-tempat tersebut harus di pesan jauh-jauh hari supaya kita bisa mendapatkan tempat, hal ini dilakukan karena tingginya pesanan pengunjung pada bulan puasa.

Menurut penulis kegiatan buka bersama mengandung nilai silaturahmi yang sangat tinggi antara sesama muslim, yaitu ikatan kekeluargaan di bangun pada acara ini, dimana orang-orang yang sudah lama tidak pernah berjumpa selama bertahun-tahun karena kesibukan masing-masing, akhirnya bisa bertemu dan tetap menjaga tali persaudaraan diantara mereka.

Banyak hikmah dan manfaat silaturahmi yang dapat kita petik diantaranya yang Pertama, sillaturrahmi mampu mendekatkan diri kepada Allah Swt. Menyambung tali sillaturrahmi merupakan salah bentuk kecintaan dan ketakwaan seorang hamba.

Hal tersebut dibuktikan dengan sabda Rasulullah: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan aku mengambilnya nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (Hadis Riwayat Ahmad).

Dari hadis tersebut jelas bahwa, Allah SWT memerintahkan setiap hambanya agar selalu menjaga keutuhan antar sesamanya.

Allah juga menjanjikan pahala bagi siapa saja yang mampu menjaganya dan dia juga tidak segan memberikan peringatan bagi mereka yang memutuskan keutuhan dari silaturahmi.

Kedua, silaturahmi mampu memperluas rezeki seseorang. Dengan bersilaturahmi pasti akan mempermudah kita untuk membantu kerabat atau anggota keluarga jika suatu saat ada salah satu dari mereka yang membutuhkan bantuan.

Membantu kerabat atau keluarga yang sedang kesulitan dapat kita anggap sebagai sedekah, Allah SWT pun menjanjikan kemudahan dan pahala bagi siapa saja yang mampu memperpanjang tali sillaturrahmi dan memudahkan urusan saudaranya.

Janji Allah tersebut tertuang dalam sabda Rasulullah yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali sillaturrahmi.”(Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Ketiga, silaturahmi dapat menjadi kunci masuk surga. Allah SWT menjanjikan pahala dan keberkahan bagi setiap hambanya yang senantiasa menjaga tali silaturahmi, janji Allah tersebut salah satunya adalah mendekatkan surga kepada hambanya yang mampu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya, sebagaimana tertuang dalam hadis berikut:

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengannya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali sillaturrahmi.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

MasyaAllah sangat besar manfaat dari menjaga tali sillaturrahmi, tidak hanya memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi pelakunya.

Para kerabat dan keluarga yang dikunjungi pun tidak luput dari rasa bahagia ketika mendapati bahwa kerabat atau keluarganya masih peduli dan memegang teguh rasa persaudaraan.

Sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim wajib menjalankan perintah Allah SWT untuk selalu menjaga dan memperpanjang tali silaturahmi dengan sesama. (*)

Komentar

Indeks Berita