PT Pupuk Iskandar Muda Serah Terima Bantuan Alat Produksi UMKM Beujroh

PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan serah terima bantuan alat produksi untuk mendukung produk kerajinan UMKM Beujroh di Desa Blangme, Kecamatan Kutablang, Kabupaen Bireuen, Kamis (2/9/2021).
PT Pupuk Iskandar Muda
– PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan serah terima bantuan alat produksi untuk mendukung produk kerajinan UMKM Beujroh di Desa Blangme, Kecamatan Kutablang, Kabupaen Bireuen, Kamis (2/9/2021). Foto Dok. Fauzan Sulaiman.

ACEHSATU.COM | BIREUEN – PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan serah terima bantuan alat produksi untuk mendukung produk kerajinan UMKM Beujroh di Desa Blangme, Kecamatan Kutablang, Kabupaen Bireuen, Kamis (2/9/2021).

UMKM Beujroh adalah lembaga usaha masyarakat yang diprakarasai oleh Aceh Wetland Foundation (AWF) dan mendapat pembinaan yang berkelanjutan melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Pupuk Iskandar Muda.

Staf Humas dan PKBL PT. PIM, Jufri usai proses serah terima bantuan tersebut mengatakan, penyaluran bantuan untuk produk kerajinan ini untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan lingkungan perusahaan.

Ditambahkan, perusahaan akan tetap berkomitmen mendukung pengembangan produk kerajinan, termasuk pemasaran produk ini.

“Produk ini sangat potensial, kami sangat tertarik untuk mengembangkan menjadi produk unggulan di kawasan ini,” kata Jufri.

PT Pupuk Iskandar Muda
– PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan serah terima bantuan alat produksi untuk mendukung produk kerajinan UMKM Beujroh di Desa Blangme, Kecamatan Kutablang, Kabupaen Bireuen, Kamis (2/9/2021). Foto Dok. Fauzan Sulaiman.

Menurut Jufri, UMKM Beujroh saat ini masih membutuhkan pendampingan untuk menciptakan ragam produk yang kreatif dan memiliki kualitas yang bermutu.

“Kami akan membantu mencarikan instruktur yang bisa melatih pengurus usaha ini agar bisa melahirkan banyak produk kreatif dan berdaya saing di pasar,” kata Jufri.

Sementara itu, Ketua UMKM Beujroh, Armia mengucapakan apresiasi yang tinggi atas kepedulian dari perusahaan Pupuk Iskandar Muda kepada masyarakat di lingkungan perusahaan.

Armia menambahkan, warga Blangme sangat antusias dengan adanya bantuan dari PT. PIM. Karena usaha ini bisa melibatkan semua warga yang mau belajar kerajinan tangan.

“Usaha ini layaknya usaha bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya kaum perempuan. Karena mereka semua bisa terlibat dalam pengerjaannya,” kata Armia.

Karena itu, Armia berharap usaha masyarakat ini akan terus didampingi oleh kalangan lembaga swadaya masyarakat dan pihak perusahaan untuk keberlanjutan.

Saat ini, UMKM Beujroh sudah menghasilkan sejumlah produk meliputi, tas anyaman, kotak tisu, kantong belanja, dompet, tas jinjing, vas bunga, kotak file, kotak pensil, dan tali untuk material kerajinan lainnya.

Sejak didirikan pada 2 Februari 2020, produk UMKM Beujroh sudah mulai diminati oleh kalangan pemerhati lingkungan hidup yang fokus pada zero waste.  Produk  berupa tas non plastik ini disalurkan untuk kebutuhan seminar kit di even-even kampanye lingkungan hidup. (*)